Jumat 27 Jun 2014 14:32 WIB

Hatta Ajak Umat Islam Mendoakan Umat Islam Sedunia

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Muhammad Hafil
Hatta Rajasa (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Calon wakil presiden nomor urut satu, Hatta Rajasa, menyampaikan pesan kepada umat Islam di Indonesia menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.  Menurut Hatta, sudah selayaknya umat Islam bersyukur akan melaksanakan kembali rangkaian ibadah di bulan penuh berkah tersebut.  Ini lantaran sebagian dari umat Islam di dunia, masih menghadapi kondisi penuh ketidakpastian jelang Ramadhan.

"Kita memohon doa kepada Allah SWT, keselamatan bangsa kita, keselamatan umat islam di dunia yang sedang tidak baik seperti kita.  Kita lihat di Suriah, Afghanistan, Irak, Filipina selatan maupun Thailand Selatan, situasinya tidak seperti kita.  Oleh karena itu, mari kita doakan muslim sedunia, biar mereka diberikan kekuatan oleh Allah SWT hidup dalam ketenangan," ujar Hatta saat berbicara di masjid Pondok Pesantren, Mambaus Sholihin, Gresik, Jawa Timur, Kamis (26/6).  

Kehadiran Hatta dimaksudkan untuk menghadiri acara bertajuk 'Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa' di ponpes asuhan KH Masbuhin Faqih tersebut.  Hatta didampingi oleh pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar KH Maimun Zubair.  Turut hadir pula elemen Tim Pemenangan Nasional Prabowo-Hatta antara lain Marzuki Alie, Zulkifli Hasan, Drajad Wibowo, Romahurmuziy, Tjatur Sapto Edy, Aboe Bakar Alhabsy dan Rully Chaerul Azwar. 

Dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu, Hatta mengajak umat Islam di Indonesia untuk memanfaatkan Ramadhan dengan cara mengintrospeksi diri sekaligus memperbaiki kualitas kehidupan.  "Allah SWT katakan, muara Ramadhan adalah menjadikan umat bertakwa. Jika bertakwa, sungguh bisa menaikkan kualitas hidup," ujar Hatta. Menurut Hatta, kualitas hidup yang meningkat akan berujung pada kedamaian negeri.

Baik kualitas sebagai pribadi, anggota masyarakat mau pun warga negara. "Persiapkan diri dengan baik menghadapi bulan suci Ramadhan," kata Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional ini.  Lebih lanjut, Hatta menambahkan, Ramadhan merupakan bulan turunnya kitab suci Alquran. Ayat pertama yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yaitu QS Al-'Alaq ayat 1 yang mengandung makna penting dan patut dijadikan pegangan.

"Iqra berarti meminta umat untuk meningkatkan kecerdasan intelektual dan kecerdesan spiritual," ujar Hatta.  Dengan dua jenis kecerdasan tersebut, paparnya, Islam menjadi umat yang bermanfaat. "Semoga Ramadhan bisa membawa damai bagi bangsa dan terwujudnya negeri yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman)," kata mantan menteri koordinator bidang perekonomian tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement