Jumat 16 May 2014 18:23 WIB

Jokowi Dukung Petani, Alumni IPB Kasih Dukungan

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: M Akbar
Pendukung Joko Widodo (Jokowi) melakukan aksi spontan mendukung pencalonan Gubernur Jakarta itu sebagai presiden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Forum Alumni Intitut Pertanian Bogor (FA-IPB) menyatakan dukungan penuh terhadap calon presiden (capres) dari PDI-Perjuangan, Joko Widodo. Visi capres yang biasa disapa Jokowi ini dianggap sesuai dengan rencana pembenahan pertanian.

Visi pertanian Jokowi antara lain mempertahankan luas lahan pertanian untuk menjawab peningkatan kebutuhan pangan. Lalu perbaikan sarana dan infrastruktr pertanian dengan membangun bendungan baru dan revitalisasi irigasi.

Kemudian pendampingan petani agar kompetensinya meningkat dan dukungan lembaga keuangan yang kuat serta konsisten untuk menjamin harga yang baik.

Visi Jokowi yang lain yaitu menata kembali tata niaga produk pertanian. Terakhir, memberikan dukungan teknologi dan penyediaan fasilitas penelitian atau riset untuk menjamin kualitas produk pertanian.

"Pemerintah Jokowi bisa memulai semuanya dengan diversifikasi pangan," ujar juru bicara FA-IPB Frangky Sibarani di Megawati Institute, Jumat (16/5).

Forum Alumni IPB juga merekomendasi 5 hal, sebagai berikut :

1. Menempatkan sektor pertanian sebagai mainstream kebijakan pembangunan ke depan dengan melibatkan berbagai lintas sektoral.

2. Pembangunan pertanian harus mengarah kepada peningkatan daya saing sektor pertanian yang memberikan kesejahteraan terhadap petani dan bangsa secara keseluruhan.

3. Memulai kebijakan diversifikasi pangan.

4. Kementerian Pertanian perlu mengubah orientasi kebijakan ke arah peningkatan produksi.

5. Sinergi kebijakan antar kemeterian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement