Kepemimpinan Ala Main Angklung Anies Baswedan
Rabu , 05 Feb 2014, 19:40 WIB
old app
anies baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Peserta Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat Anies Baswedan mempunyai konsep kepemimpinan tersendiri. Ia mengatakan, kepemimpinan itu seperti layaknya bermain alat musik angklung.

"Kepemimpinan saya dorong ala bermain angklung," ujar Anies dalam agenda Debat Bernegara Konvensi Capres Partai Demokrat di Hotel Harris, Bandung, Rabu (5/2). Menurut dia, bermain angklung mempunyai pendekatan yang luar biasa untuk menggambarkan konsep kepemimpinan.

Anies mengatakan, pemain angklung mempunyai kesempatan untuk membawakan satu nada. Kemudian pemimpinnya memberikan arahan. Dari situ, menurut dia, kemudian terjadi harmoni. "Dan semua bergerak untuk membuat harmoni yang indah," ujar Rektor Universitas Paramadina itu.

Pemimpin itu, menurut dia, bukan hanya untuk disaksikan di panggung dan bermain sendiri. Akan tetapi, pemimpin itu harus bisa memberikan inspirasi dan membuka kesempatan bergerak secara sama-sama pada yang dipimpinnya.
Menurut dia, gerakan bersama ini yang bisa membantu melunasi janji bangsa. "Pemimpin itu harus menjadi teladan, mempunyai kompetensi, diakui , dipercaya, dan membuat kita bergerak bersama-sama," kata dia.

Redaktur : Joko Sadewo
Reporter : Irfan Fitrat
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar