PPP Ajak Parpol Islam Usung Capres Eksternal
Rabu , 22 Jan 2014, 16:29 WIB
antara
Parpol/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai partai-partai Islam perlu saling membangun kompromi untuk bisa mengusung capres atau cawapres bersama pada Pemilu 2014.

Salah satu jalan kompromi itu menurut PPP bisa ditempuh dengan mengusung figur eksternal dari luar partai Islam sendiri. "Kami setuju membuka ruang capres eksternal," kata Sekretaris Majelis Pakar PPP, Achmad Yani kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (22/1).

Yani mengatakan partai Islam tidak perlu ngotot mengusung figur internal semisal ketua umum sebagai capres. Karena yang terpenting sekarang adalah konsolidasi partai Islam menghimpun aspirasi umat. "Tidak harus ketua umum yang penting konsolidasi," ujarnya.

Konsolidasi partai Islam mengusung capres bersama akan memberi nilai tambah bagi partai Islam. Publik, kata Yani, akan memberi kepercayaan yang lebih besar terhadap calon yang diusung. "Akan memberi nilai tambah. Kita dianggap memberi sandaran harapan kepada masyarakat," katanya.

Yani menyatakan saat ini sudah ada sejumlah tokoh eksternal partai Islam yang masuk radar pencapresan PPP. Mereka misalnya Jusuf Kalla, Rhoma Irama, dan Anies Baswedan. "Tapi kalau internal PPP masih akan mendukung ketua umum kami Suryadarma Alie," ujarnya.

Redaktur : Julkifli Marbun
Reporter : Muhammad Akbar Wijaya
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar