Jumat 11 Jul 2014 14:34 WIB

Real Count PKS Dipertanyakan

Perbandingan survei real count PKS dengan prediksi sebelum Pilpres
Foto: Facebook/AS Laksana
Perbandingan survei real count PKS dengan prediksi sebelum Pilpres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dalam pencoblosan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, berbagai survei memaparkan hasil penghitungan cepat atau quick count dengan metodologinya masing-masing. Kontroversi pun merebak karena hasil yang berbeda antara lembaga survei, ada yang memenangkan pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto/Hatta Rajasa, ada juga yang memenangkan pasangan nomor urut 2, Joko 'Jokowi' Widodo/Jusuf Kalla.

Bahkan salah satu partai yang mengusung Prabowo/Hatta, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga memunculkan klaimnya, bahkan disebut sebagai real count (hitung manual). Dalam real count PKS tersebut, perolehan suara Prabowo/Hatta dinyatakan unggul dari Jokowi/JK.

Namun sastrawan sekaligus wartawan, AS Laksana mengungkap kejanggalan real count PKS. Ia menunjukkan hasil real count PKS ini ternyata sama dengan hasil prediksi PKS pada 5 Juli 2014, empat hari sebelum pencoblosan.

"Hasil real count ini diumumkan tanggal 9 Juli, untuk menangkis hasil quick count yang memenangkan Jokowi-JK. Tabulasi yang sama, dengan rincian angka yang sama persis, sebenarnya sudah pernah dimunculkan tanggal 5 Juli, atau empat hari sebelum hari pencoblosan, dan dinyatakan oleh PKS sebagai prediksi," kata AS Laksana dalam akun Facebook pribadinya.

AS Laksana pun menunjukkan foto yang menunjukkan perbandingan data antara hasil prediksi Pilpres 2014 pada 5 Juli 2014 di sebelah kiri dan di sebelah kanannya hasil real count PKS terkait Pilpres 2014 yang dikeluarkan pada 9 Juli 2014.

Dalam foto tersebut, hasil perolehan suara di tiap provinsi antara kedua data tersebut benar-benar sama. Misalnya untuk suara di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Prabowo-Hatta meraih 46,54 persen dan Jokowi/JK meraih 53,46 persen. Hasil yang sama juga terlihat pada real count PKS.

Juga suara di Sumbar yang memenangkan Prabowo-Hatta dengan 57,20 persen pada prediksi 5 Juli, ternyata tercantum hasil yang sama pada real count PKS pada 9 Juli. Suara di Lampung, yang memenangkan Prabowo-Hatta dengan 61,02 persen, juga ternyata sama dengan yang dikeluarkan real count PKS pada 9 Juli 2014.

"Dalam gambar ini sengaja saya jajarkan tabel prediksi dan tabel "real count". Memang tak bisa menampilkan daftarnya secara utuh, tetapi kau bisa menemukannya sendiri melalui google. Tanggal sengaja saya beri lingkaran merah," paparnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement