Senin 16 Jun 2014 01:38 WIB

Mas Rejo Deklarasi Dukung Jokowi-JK

Rep: Heri Purwata/ Red: Mansyur Faqih
Seorang anak perempuan melihat spanduk yang berisi dukungan elemen masyarakat dan tanda tangan dukungan pasangan capres Jokowi-JK di Kediri, Jawa Timur, Ahad (15/6).
Foto: antara
Seorang anak perempuan melihat spanduk yang berisi dukungan elemen masyarakat dan tanda tangan dukungan pasangan capres Jokowi-JK di Kediri, Jawa Timur, Ahad (15/6).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Masyarakat Seniman Remen Jokowi-JK (Mas Rejo) mendeklarasikan dukungannya terhadap Joko Widodo-Jusuf Kalla, Ahad (15/6). Deklarasi dihadiri sekitar 150 pelukis dari berbaga kota di Pulau Jawa.

Pelukis Heri Kris mengatakan, Mas Rejo menilai, revolusi mental yang digemakan Jokowi menjadi sebuah keharusan. Sehingga, bisa terbangun bangsa Indonesia yang terhormat, disegani, beradab, memiliki harga diri, dan bermartabat. 

Ini, katanya, sesuai dengan ajaran Trisakti yang pernah digelorakan Bung Karno. Yaitu Indonesa berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial budaya. 

Heri Kris, mengatakan revolusi mental adalah sebuah terobosan budaya politik baru untuk membasmi segala kebobrokan yang ada. Kolusi, korupsi dan suap merupakan sebagian cermin mentalitas bangsa yang sulit berubah. Malah, terus membuat sendi-sendi kehidupan makin terpuruk.

Kemudian, ujarnya, blusukan yang sering dilakukan Jakowi merupakan kegiatan mengalami dan mengamati realita keseharian dan lingkungan secara langsung. Melalui blusukan orang mampu melihat ide segar untuk dirangkai sebagai solusi atas berbagai masalah. 

Karena itu, lanjutnya, Mas Rejo menyatakan, mendukung penuh pasangan Jokowi-JK. Kedua, mendukung revolusi mental dan blusukan yang telah menjadi ‘ikon perjuangan’ bagi terciptanya ‘Indonesia Hebat’.

Ketiga, paparnya, memandang kalau tercitanya visi Indonesia Hebat akan terwujud jika pemerintah mempromosikan peran dan eksistensi seni serta budaya di Indonesia yang beragam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement