Home >> >>
Hasyim Muzadi Yakin Warga NU Pilih Jokowi
Kamis , 29 May 2014, 17:38 WIB
ROL/Fian Firatmaja
KH Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Hasyim Muzadi memprediksi mayoritas warga NU akan memilih pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Pilpres 2014.

"Saya pikir akan lebih banyak warga NU pilih Jokowi," kata Hasyim Muzadi usai acara Rakernas Muslimat NU di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (29/5).

Warga NU, menurut dia, semakin yakin memilih Jokowi setelah ada klarifikasi soal keislaman Jokowi melalui upload, saat menjadi imam saat sholat berjamaah."Sebelumnya umat (NU) kaget karena (Jokowi) dibilang begini-begini. Tapi setelah ada klarifikasi dari Jusuf Kalla , umat jadi lumayan mengerti," kata Hasyim.

Dia menilai, JK yang mengapload Jokowi sedang menjadi Imam sholat maghrib, bukan bagian dari politisasi agama. Tapi, untuk melakukan klarifikasi soal Jokowi yang selama ini diragukan ke islamannya. "Kan (Jokowi) dicurigai gak sholat. Jadi itu bagian dari klarifikasi saja," sebut dia.

Hasyim meminta kepada pihak-pihak yang selama ini melontarkan isu yang tidak benar soal keislaman Jokowi agar berhenti melakukan kampanye hitam. "Kan sudah tidak terbukti. Ngapain diterusin lagi," kata dia.

Soal Ketua PBNU Said Aqil Siradj dan tokoh NU Mahfud MD yang lebih mendukung Prabowo, Hasyim menilai dukungan keduanya tentu berpengaruh ke warga NU. "Tapi tidak terlalu signifikan (sedikit)," ujarnya.

Redaktur : Joko Sadewo
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar