Ahad 02 Sep 2018 20:58 WIB

Presiden OCA Apresiasi Kerja Indonesia dalam Asian Games

Jakarta memiliki kapasitas menyelenggarakan event olahraga internasional.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah  memberikan sambutan dalam penutupan Asian Games ke 18 di SUGBK, Jakarta, Ahad, (2/9).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah memberikan sambutan dalam penutupan Asian Games ke 18 di SUGBK, Jakarta, Ahad, (2/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Association of National Olympic Committees (IOC) Sheik Ahmad Al-Fahad Al-Sabah mengapresiasi kesuksesan perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Menurut dia, Indonesia berhasil melaksanakan Asian Games 2018 menjadi Energy of Asia.

"Kamu berhasil. Kalian membuat energi Asia terwujud," kata dia dalam pidato Closing Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (2/9).

Dengan suksesnya penyelenggaraan multieven olahraga terbesar kedua di dunia itu, Sheik Ahmad yakin Indonesia, khususnya Jakarta, mampu menyelenggarakan gelaran olahraga apapun. Seperti yang diketahui, pemerintah Indonesia sedang berusaha menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Menurut Sheik Ahmad, keberhasilan penyelenggaraan Asian Games ke 18 ini menjadi bukti Indonesia memiliki kapabilitas menyelenggarakan even olahraga internasional. "Jakarta memiliki kapabilitas untuk melakukan event olahraga internasional. Asia bangga dengan kamu. Kami harap bisa menyelenggarakan Olimpiade," ujar dia.

Tak hanya mengapresiasi pemerintah Indonesia, Presiden OCA itu juga berterima kasih kepada para atlet yang telah berjuang keras dan berkompetosi dengan fair. Selain itu, ia juga berterima kasi kepada para relawan yang membantu pelaksanaan, dan aparat kepolisian yang telah mengatur lalu lintas agar para atlet dapat tepat waktu menghadiri tempat pertandingan.

Kepada media, Sheik Ahmad juga berbangga karena telah menyiarkan berita mengenai Asian Games ke seluruh dunia. "Kami ucapkan selamat kepada Indonesia Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir," ucapnya.

Selain sukses menyelenggarakan Asian Games, Sheik Ahmad mengatakan, Indonesia juga berhasil memikat hati para pengunjung dengan keindahannya. Menurut dia, kesuksesan dan keindahan Indonesia akan tetap dikenang oleh masyarakat Asia.

Sheik Ahmad juga menyempatkan berdoa untuk masyarakat Lombok yang sedang ditimpa bencana alam. "Selamat sore, Pak Presiden dan masyarakat Lombok. Kami berdoa untukmu," katanya kepada Presiden Joko Widodo yang menyaksikan langsung dari tenda pengungsian di Lombok.

Ia pun mengumumkan, Asian Games 2018 resmi ditutup. Setelah ini, Asian Games akan dilaksanakan di China pada 2022."Sampai jumpa lagi. Indonesia, kami cinta kalian," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement