Senin 13 Aug 2018 09:45 WIB

UNS Buka Peluang Timnas U16 Kuliah di Fakultas Olahraga

Pemain timnas U16 bisa masuk melalui jalur undangan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka peluang bagi pesepakbola timnas U16 untuk mengenyam pendidikan di Fakultas Keolahragaan yang baru dimiliki UNS. Rektor UNS, Ravik Karsidi siap mengakomodasi para pemain timnas U16 untuk melanjutkan pendidikan jenjang strata 1 di UNS jika telah lulus dari bangku Sekolah Menengah Pertama. Ravik mengatakan pemain timnas U16 bisa masuk melalui jalur undangan.

“Iya (untuk timnas U16) kita selama inikan ada program PMDK atau sekarang namanya undangan itu sudah ada seperti itu, banyak mahasiswa yang sudah kita terima melalui jalur prestasi tak hanya olahraga tapi juga seni,” kata Ravik usai meresmikan Fakultas Keolahragaan pada Senin (13/8).

Fakultas Keolahragaan UNS merupakan pengembangan dari program studi (prodi) Kepelatihan dan prodi Jasmani dan Rekreasi yang sebelumnya menginduk pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Fakultas Keolahragaan yang baru dibuka ini akan memiliki prodi Program Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Program Magister (S2) Ilmu Keolahragaan. dan Program Doktor (S3) Ilmu Keolahragaan. Dengan kehadiran Fakultas Olahraga, maka kini UNS tercatat telah mempunyai sebelas fakultas.

Ravik juga mengatakan, Fakultas Keolahragaan yang memiliki prodi Kepelatihan Olahraga dan prodi Penjaskes itu juga membuka peluang bagi para atlet lulusan sekolah khusus olahraga.

“Yang jelas kita akan mengakomodasi yang anaknya bakat dan prestasi, atlet lulusan SD ga mungkin jadi harus lulusan sma. Harus punya ijazah sma. Kalau tak ada tak bisa, karena perguruan tinggi hanya boleh menerima jenjang seterusnya,” kata dia.

Terdapat sebanyak 300 mahasiswa baru  yang menjadi angkatan pertama di Fakultas Keolahragaan. Ravik optimis Fakultas Keolahragaan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa, terlebih ia menilai  peminat jurusan olahraga terbilang cukup tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement