Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Rakernas PAN 9 Agustus Umumkan Pasangan Capres

Selasa 07 Aug 2018 13:50 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (kedua kanan)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (kedua kanan)

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Zulkifli membantah tertundanya Rakernas karena PAN belum satu suara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memastikan rapat kerja nasional (Rakernas) PAN akan digelar pada Kamis (9/8) lusa esok. Zulkifli mengungkapkan rakernas PAN yang sebelumnya mengalami penundaan itu hanya digelar satu hari dari semula direncanakan dua hari.

"(Rakernas PAN) tanggal 9 dan sudah terang. Kan rakernas besok satu hari saja ya," ujar Zulkifli di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (7/8).

Zulkifli mengatakan hasil rakernas nantinya akan mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang didukung PAN di Pilpres 2019.

Menurut Zulkifli, dalam dua hari ini masing masing pengurus PAN tingkat wilayah tengah mengadakan rapat pleno untuk merumuskan rekomendasi sikap PAN untuk Pilpres.

Karenanya, itu juga yang menjadi alasan Rakernas PAN yang semula dilaksanakan 6-7 Agustus tidak jadi dilaksanakan.

"Kalau rakernas kan harus umumin pasangan ya. kan diputuskan kami rakernas dulu. Mudah-mudahan (rapat pleno PAN wilayah) dalam satu dua hari ini sudah selesai, " ungkap Zulkifli.

Ia juga membantah tertundanya Rakernas karena belum satunya suara PAN di pusat dan di bawah. Menurutnya, saat ini kepastian kemana PAN berlabuh di Pilpres akan ditentukan di Rakernas esok lusa.

Termasuk juga nama calon wakil presiden yang akan diusulkan PAN mendampingi capres Prabowo.

"Ya itu ya harus dipastukan jangan sampai nanti kita putuskan tapi begitu waktunya beda. kan rakernas lagi. Jadi sulit nggak main-main ya," kata Zulkfli.

Sementara, Ketua DPP PAN Yandri Susanto menegaskan, bahwa partainya mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2019. Ia menjawab keraguan berbagai pihak terkait sikap politik PAN selama ini.

"Insya Allah Prabowo," kata Yandri di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Senin (6/8) malam.

Dia mengatakan sikap politik PAN akan ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN yang awalnya dilaksanakan pada 6-7 Agustus 2018, namun diundur hingga dua hari ke depan. Rakernas itu menurut dia akan menetapkan pasangan capres-cawapres yang akan diusung di Pilpres 2019.

"Rakernas PAN insya Allah lusa, tidak ada masalah, ini membahas capres-cawapres. PAN insya Allah dukung Prabowo," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA