Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

6 Makanan untuk Redakan Gejala Kecemasan

Selasa 07 Aug 2018 12:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

coklat hitam

coklat hitam

Foto: corbis
Telur mengandung tryptophan yang menghasilkan serotonin atau senyawa suasana hati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecemasan merupakan suatu kondisi yang cukup banyak dialami oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Modifikasi gaya hidup, termasuk pola makan, diketahui dapat meringankan gejala kecemasan yang mengganggu.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa asupan nutrisi yang tepat dapat memperbaiki gejala kecemasan. Berikut ini adalah enam makanan yang diketahui dapat membantu meredakan gejala kecemasan seperti dilansir Medical News Today.

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, makarel hingga sardin diketahui kaya akan kandungan omega 3. Omega 3 merupakan asam lemak yang diketahui memiliki kaitan erat dengan fungsi kognitif maupun kesehatan mental.

Makanan yang kaya akan omega 3 seperti ikan berlemak mengandung alpha linolenic acid (AHA) yang mengandung dua asam lemak esensial yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahezaenoic acid (DHA). EPA dan DHA berfungsi untuk mengatur neurotransmitter, mengurangi inflamasi dan mendorong kesehatan fungsi otak.

Sebuah studi berskala kecil menunjukkan bahwa konusmsi suplemen EPA dan DHA dapat menurunkan kadar kecemasan. Saat ini rekomendasi untuk mengonsumsi ikan berlemak adalah dua porsi per minggu. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi salmon tiga kali per minggu dapat menurunkan kejadian kecemasan.

Beberapa ikan berlemak seperti salmon dan sardin juga diketahui mengandung vitamin D. Kekurangan vitamin D juga diketahui berkaitan dengan peningkatan gangguan suasana hati seperti depresi dan kecemasan.

photo
Ikan Salmon
 

2. Telur

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Di samping itu, telur juga kaya akan protein yang lengkap sehingga telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang.

Selain itu, telur juga mengandung tryptophan yang merupakan asam amino. Asam amino ini membantu tubuh dalam menghasilkan serotonin. Serotonin merupakan senyawa kimia neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati, tidur, daya ingat dan perilaku. Serotonin juga diketahui dapat membantu memperbaiki fungsi otak dan meringankan kecemasan.

photo
Telur memiliki gizi yang sangat baik bagi anak.
3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate dinilai dapat mengurangi stres dan kecemasan. Cokelat diketahui kaya akan tryptophan yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan serotonin di otak. Dark chocolate juga diketahui kaya akan magnesium. Asupan magnesium yang cukup dapat menurunkan gejala depresi.

photo
Dark chocolate
4. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang umum digunakan di dalam masakan khas India hingga Asia Tengara. Salah satu bahan aktif dalam kunyit adalah curcumin. Curcumin diketahui dapat membantu mengurangi kecemasan dengan cara menurunkan inflamasi dan stres oksidatif. Inflamasi dan stres oksidatif diketahui kerap meningkat pada orang-orang yang mengalami gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi.

Sebuah studi juga membuktikan bahwa curcumin dapat menurunkan kecemasan pada orang dewasa obesitas. Penelitian lain mengungkapkan bahwa peningkatan asupan curcumin dalam pola makan juga dapat meningkatkan DHA sekaligus mengurangi kecemasan.

photo
Kunyit.
5. Yogurt

Yogurt diketahui mengandung bakteri menyehatkan seperti Lactobaccilus dan Bifidobacteria. Ada bukti kuat yang menyatakan bahwa kedua bakteri ini memiliki dampak yang baik bagi kesehatan otak. Hal yang sama juga berlaku untuk makanan fermentasi.

Ulasan klinis menunjukkan bahwa konsumsi yogurt dapat mengurangi inflamasi kronik yang mungkin menyebabkan munculnya kecemasan. Studi lain menunjukkan bahwa makanan fermentasi dapat mengurangi kecemasan sosial pada kelompok muda. Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi bakteri menyehatkan dapat meningkatkan kebahagiaan pada sebagian orang.

photo
Yogurt juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.
6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung asam amino bernama theanine yang memiliki efek anti kecemasan dan menenangkan. Theanine juga diketahui dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamine. Sebuah studi menunjukkan bahwa 200 mg theanine dapat memebuat seseorang merasa lebih rileks dan tenang sekaligus menurunkan tekanan.

photo
Teh hijau

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA