Rabu 01 Aug 2018 00:07 WIB

Seribuan Polisi Amankan Kirab Obor Asian Games 2018 di Sumut

Aparat akan melakukan pengamanan dengan maksimal

Rep: Issha Haruma/ Red: Esthi Maharani
Kirab Obor Asian Games 2018 / Ilustrasi
Foto: Pertamina
Kirab Obor Asian Games 2018 / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Seribuan personel Polda Sumut dilibatkan dalam pengamanan Kirab Obor atau Torch Relay Asian Games 2018 di provinsi ini pada 31 Juli-1 Agustus. Obor tersebut dijadwalkan akan di bandara Kualanamu, Deli Serdang, hari ini, Selasa (31/7).

Karo Ops Polda Sumut Kombes Makmur Ginting mengatakan, ada 1.121 personel yang dikerahkan untuk menjaga keamanan di setiap titik kegiatan. Selain itu, pihak TNI juga dilibatkan untuk membantu pengamanan dari awal sampai akhur acara.

"Jumlah total anggota yang mengamankan 1.121 personel, terdiri dari Polda 204 personil dan kewilayahan jajaran ada 917 personil. Mulai dari hari ini sudah kami persiapkan. Sepanjang perjalanan kami amankan," kata Makmur, Selasa (31/7).

Makmur memastikan pihaknya akan melakukan pengamanan dengan maksimal. Pengamanan akan dilakukan sejak obor tiba di bandara Kualanamu, Deli Serdang, hingga diberangkatkan kembali melalui bandara Silangit, Tapanuli Utara.

"Kami antisipasi cara maksimal supaya kita benar-benar yakin bahwa pelaksanaan Torch Relay Asian Games besok bisa berlangsung dengan aman dan tertib," ujar dia

Makmur pun berharap seluruh masyarakat dapat merasakan perhelatan Kirab Obor acara bertaraf internasional itu. Namun, masyarakat diminta dapat menonton dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

"Mudah-mudahan sudah sampai info ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa melihat turut meramaikan dan gaung Asian Games lebih terasa lagi. Harapan kami, Torch Relay berlangsung dengan aman," kata Makmur.

Untuk diketahui, kabupaten Toba Samosir, Sumut, menjadi satu dari 51 daerah di Indonesia yang akan disinggahi obor api Asian Games 2018. Obor dijadwalkan tiba di bandara Kualanamu, Deli Serdang hari ini pukul 17.00 WIB. Obor yang diletakkan di dalam tinder box itu kemudian dibawa menuju rumah pengasingan Bung Karno di Parapat, Simalungun.

Keesokan harinya, obor dibawa menuju pantai Bul-Bul Balige, Toba Samosir pada pukul 07.00 WIB. Obor dibawa menggunakan perahu hias menuju pantai Bul - Bul. Di pantai itu, obor diarak oleh sepuluh atlet sejauh 2 kilometer dan kemudian disulut ke dalam kaldron mini yang telah disiapkan.

Selanjutnya, api obor akan dibawa menuju Siborongborong, Tapanuli Utara untuk dibawa menuju Pekanbaru melalui bandara Silangit. Obor dijadwalkan akan meninggalkan Sumut sekitar pukul 13.40 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement