Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Pertemuan SBY dan Prabowo Tentukan Arah Koalisi

Senin 30 Jul 2018 11:11 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil

Pertemuan balasan SBY ke Prabowo, Senin (30/7).

Pertemuan balasan SBY ke Prabowo, Senin (30/7).

Foto: Tim Komunikasi Partai Demokrat
Waktu pendaftaran pilpres semakin dekat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan berlangsung hari ini. Menurutnya pertemuan tersebut diagendakan untuk membahas dan menentukan arah koalisi dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Agendanya adalah tentu membahas perkembangan rencana koalisi antara Partai Gerindra dengan Demokrat. Itu saja," kata Andre saat dihubungi Republika.co.id, Senin (30/7).

Menurutnya, juga akan ada kesepakatan yang diambil keduanya dalam pertemuan penentu arah koalisi tersebut. Akan tetapi Andre mengaku belum bisa menduga apakah kesepakatan yang akan diambil tersebut.

Yang jelas menurut politikus Gerindra ini, tidak akan jauh dari rencana koalisi Gerinda, PKS, PAN dan Demokrat. Mengingat waktu pendaftaran Pilpres 2019, tambah Andre, sudah semakin dekat.

"Saya belum tahu kesepakatannya, tapi yang jelas rencana koalisi antara Gerindra dan Demokrat karena ini kan sudah dekat ya, ini tanggal 30," ungkap Andre.

Untuk diketahui, waktu pendaftaran semakin mepet. Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka waktu pendaftaran bagi calon presiden dan wakil presiden pada 4 sampai 10 Agustus 2018.

Gerindra telah mengusung Prabowo untuk maju dalam Pilpres 2019 melawan petahana, Presiden RI Joko Widodo. Gerindra sudah sejak awal nampak sangat solid berkoalisi dengan PKS, kemudiandenhan PAN.

PKS telah menyodorkan sembilan nama untuk menjadi pilihan cawapres mendampingi Prabowo. Kemudian dari PAN, juga ada empat nama yang telah disodorkan.

Sedangkan dari Demokrat, nampaknya akan mengusulkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai  pendamping Prabowo. Pertemuan kali ketiga SBY -Praowo ini salah satunya untuk menentukan hal tersebut.

Pertemuan akan berlangsung di jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pertemuan dijadwalkan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA