Sabtu 28 Jul 2018 22:57 WIB

Erick Puji Palembang Siap Gelar Asian Games

Erick hadir ke Palembang untuk memastikan kesiapan menjelang pelaksanaan Asian Games.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir menilai Palembang, Sumatra Selatan, sudah semakin siap menggelar Asian Games 2018. Erick hadir ke Palembang untuk memastikan kesiapan menjelang pelaksanaan Asian Games yang tinggal 20 hari. 

"Sejauh ini saya melihat semuanya bagus, sama halnya di Jakarta, Jawa Barat dan Banten," kata Erick yang diwawancarai di sela-sela peresmian UGD 24 Jam RS Siloam di kawasan Jakabaring Sport City.

Erick mengatakan, keberadaan venue pertandingan di dalam satu kawasan Jakabaring Sport City telah memudahkan Palembang sebagai tuan rumah.    Kota Palembang yang ditetapkan sebagai penyelenggara Asian Games bersama DKI Jakarta pada akhir tahun 2014, hanya tinggal menambah infrastruktur pendukung untuk semakin memberikan kenyamanan ke atlet, ofisial, dan tamu negara.

"Seperti yang diresmikan hari ini, unit UGD 24 jam dengan fasilitas antara lain ada laboratorium, farmasi, dan X-Ray. Lokasinya juga persis di depan pintu gerbang JSC sehingga hanya butuh dua menit dari dalam (venue) ke sini jika ada kejadian darurat," kata dia.

Dari sisi transportasi, Palembang telah mengatasinya karena memiliki light rail transit (LRT) untuk mengangkut kontingen negara peserta dari Bandara SMB II ke JSC. Sementara untuk penginapan atlet, di JSC juga tersedia wisma atlet, lima tower rusunawa, dan satu tower rusunami yang dapat menampung sekitar 3.000 atlet dan ofisial yang ambil bagian di ajang akbar 45 negara tersebut.

"Bahkan di Palembang ini lebih unik, karena di dalam Kompleks JSC, juga disediakan 50 golf car untuk mobilisasi para tamu-tamu negara," kata dia.

Menurut Erick, pada masa kurang dari 20 hari menjelang pelaksanaan ini, Palembang tetap harus menyempurnakan hal-hal berkaitan penyelenggaran demi suksesnya kegiatan akbar yang terakhir kali digelar di Indonesia tahun 1962 itu.

Apalagi, ia melanjutkan, Asian Games di Indonesia sungguh berbeda dengan Asian Games sebelumnya di Incheon karena ada peningkatan 20 persen jumlah pesertanya. Saat ini panitia menerima daftar atlet dan ofisial berjumlah 17.194 orang, yang mana sebanyak 3.000 orang dari total tersebut akan ke Palembang.

"Kami berharap Palembang bersiap untuk menerima tamu-tamu negara ini. Ini penting karena kota ini memiliki visi di bidang pariwisata. Jika pariwisata maju, maka akan mendatangkan devisa," kata Erick.

Menjelang perhelatan Asian Games, sejumlah arena olahraga di JSC sedang melakukan penginstalasian peralatan pertandingan. Untuk mendukung kegiatan itu, kompleks JSC sudah dinyatakan steril untuk masyarakat umum sejak pekan ini.

Palembang akan menjadi tuan rumah dengan menyelenggarakan 14 cabang olahraga, di antaranya, boling, tenis lapangan, menembak, dayung, sepak bola wanita, skateboard, panjat dinding, dan lainnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement