Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Penalti Goetze Bawa Dortmund Unggul atas Manchester City

Sabtu 21 Jul 2018 12:23 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang Borussia Dortmund, Mario Goetze.

Gelandang Borussia Dortmund, Mario Goetze.

Foto: EPA/Ina Fassbender
Riyad Mahrez melakukan debutnya untuk City.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Penalti Mario Goetze di babak pertama mengantarkan Borussia Dortmund menang 1-0 atas Manchester City pada pembukaan International Champions Cup (ICC) 2018. Pada pertandingan ini, Riyad Mahrez melakukan debutnya untuk City.

Mantan pemain Leicester City yang dibanderol dengan harga 60 juta poundsterling itu hampir mencetok gol pertamanya melalui tendangan bebas sebelum pertandingan babak pertama usai. Sepakan Mahrez dari jarak 20 yard mengenai Sebastian Rode dan kemudian penjaga gawang Dortmund, Marwin Hitz, melakukan penyelamatan menggunakan ujung jari-jarinya.

Menurut laman ESPN, Pep Guardiola menggunakan susunan pemain yang terdiri dari pemain muda dan pemain yang menjalani masa pinjaman musim lalu. Sebanyak 16 pemain senior City akan bergabung tur pramusim setelah bermain di Piala Dunia 2018.

Mantan penyerang New York City FC Jack Harrison juga melakukan debutnya untuk City pada pertandingan ini. Namun pemain asal Amerika Serikat milik Dortmund, Christian Pulisic, berhasil mencuri perhatian dengan menjadi ancaman terbesar untuk City pada babak pertama.

Pulisic dua kali dijatuhkan oleh Oleksander Zinchekno di 15 menit pertama pertandingan. Sebelum akhirnya Dortmund mendapatkan tendangan mengarah ke gawang. Namun, tendangan itu dapat ditahan dengan baik oleh penjaga gawang City, Claudio Bravo.

Goetze berhasil memecah kebuntuan melalui gol penalti pada menit ke-26. Pelanggaran itu diawali oleh pergerakan Pulisic yang lagi-lagi menebar ancaman di dalam kotak penalti dan dijatuhkan oleh Zinchenko.

Joe Hart masuk pada babak kedua. Itu merupakan penampilan pertamanya sejak Agustus 2016 lalu. Ia langsung dites oleh sepakan Mahmoud Dahoud yang menyusur tipis di samping tiang gawang Hart pada menit ke-49.

Mantan pemain muda City, Jadon Sancho, yang bergabung dengan Dortmund musim panas lalu juga sempat mengancam kiper asal Inggris itu. Namun peluang untuk Dahoud digagalkan oleh Hart.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA