Kamis 19 Jul 2018 13:07 WIB

Lembu Suro Sambut Obor Asian Games di Solo

Obor Asian Games tiba di Solo pada pukul 12.45 WIB.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games dalam Torch Relay Asian Games 2018
Foto: Republika/Fitriyanto
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games dalam Torch Relay Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tarian lembu suro menyambut kedatangan obor api Asian Games di Solo Jawa Tengah pada Kamis (19/7) siang. Para penari lembu suro yang berasal dari Solo menarikan tarian tersebut tepat di tugu Makutha yang menjadi titik serah terima obor api Asian Games setelah dari Yogya dan Klaten. Acara pembukaan Torch Relay Asian Games pun kian semarak.

Tarian Lembu Suro memberi makna keteguhan masyarakat Indonesia dalam menjaga persatuan. Tarian tersebut juga mengobarkan semangat untuk mendukung gelaran Asian Games yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta. Obor api Asian Games tiba di Solo pada pukul 12.45 WIB.

Api yang semula di box diserahkkan panitia penyelenggara Asian Games pada Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo. Setelah itu, obor pun dinyalakan. Obor api Asian Games diserahkkan Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo pada pelari pertama yakni Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono. 

“Saya terima api Asian Games 2018 dan akan kita bawa sampai Balai Kota Surakarta,” kata Wali Kota Solo saat menerima obor api Asian Games.

Kedatangan obor api Asian Games pun disambut meriah warga Solo yang turut menyaksikan. Warga berkerumun di sepanjang jalan Adi Soecipto untuk menyaksikan dimulainya estafet obor api Asian Games yang dimuali dari Tugu Makutha.

Sebanyak 19 pelari akan membawa estafet obor Asian Games dimulai oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dengan iring-iringan sepeda ontel. Dalam susunan jadwal Torch Realay Asian Games mantan pesepakbola Rocky Putirai juga akan membawa apo obor Asian Games yang kemudian disambut Ketua penyelenggara Asian Games (Inasgoc) Erick Thohir.

Estafet obor api Asian Games akan berhenti terlebih dulu Sriwedari. Sejumlah kesenian tari mulai dari tari gambyong, tari reog hingga kegiatan senam bersama akan berlangsing di Sriwedari.

Estafet obor api Asian Games berlanjut hingga Balai Kota Solo. Aktris Dian Santro Wardoyo, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudiyatmo hingga Menteri PUPR Basuki Hadi Muldjono akan membawa obor api Asian Games di etape terakhir itu. Hingga berita ini ditulis estafet obor api Asian Games masih berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement