Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Pemkot Bogor Siapkan Acara Sambut Obor Asian Games

Rabu 18 Jul 2018 17:08 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Hazliansyah

Arak-arakan api obor Asian Games 2018 di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (17/7).

Arak-arakan api obor Asian Games 2018 di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (17/7).

Foto: Antara/Ismar Patrizki
Acara istimewa ini sekaligus sebagai peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan acara istimewa dalam penyambutan Kirab Obor Asian Games (Torch Relay) yang akan melintasi Kota Bogor pada 14 Agustus mendatang. Acara istimewa ini juga sekaligus sebagai peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536.

"Karena ini event langka dan skala internasional. Apa salahnya kita buat semeriah mungkin, sekaligus mempromosikan Kota Bogor ke dunia internasional," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Rabu (18/7).

Pawai obor Asian Games 2018 ini akan melewati Kota Bogor pada 14 Agustus. Setelahnya obor akan kembali menuju Jakarta pada hari berikutnya.

Pemkot disebut akan memaksimalkan pawai obor ini. Sekitar 15.000 pelajar tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah akan menyambut pawai di seputaran Kebun Raya Bogor.

Obor sendiri akan diinapkan satu malam di Balai Kota. Di sana pula Pemkot akan menggelar festival dan hiburan.

"Pawai obor Asian Games juga bertepatan dengan HJB. Akan ada banyak acara di balai kota selama obor menginap," ujar Ade.

Ia juga berharap ajang ini dapat menarik minat wisatawan lokal serta mancanegara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bogor Eko Prabowo menjelaskan, obor Asian Games akan tiba Selasa (14/8) sekitar pukul 09.00 WIB dari Cianjur. Setibanya di Kota Bogor, obor akan diserahterimakan di Museum PETA, Jalan Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor.

20 pelari utama nantinya akan didampingi 10 pelari dari Kota Bogor, termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya. Rombongan akan mengelilingi Kebun Raya Bogor atau jalur SSA.

"Kita sudah menyiapkan beberapa pelari lokal. Diantaranya Rossy Syech Abubakar mantan atlet tenis meja Kota Bogor. Untuk pelari nasionalnya kita belum tahu. Masih menunggu dari INASGOC," ujar Eko.

Selama mengitari SSA ini, sekitar 15.000 pelajar yang sudah disiapkan akan berbaris di tepi jalan. Mereka akan menyambut para pelari sembari melambaikan bendera mini negara Indonesia.

"Rencananya api terlebih dahulu masuk ke Istana Kepresidenan Bogor, setelahnya baru akan bermalam di Balai Kota Bogor," ucap Eko.

Kota Bogor akan menjadi kota perlintasan terakhir sebelum api Asian Games dibawa ke Jakarta. Pelepasan akan dilakukan di Balai Kota Bogor pada pukul 07.00 WIB.

Meski tidak ada cabang olahraga yang perlombaannya dilakukan di Kota Bogor, wilayah ini mendapat kesempatan menyiapkan beberapa lokasi sebagai tempat latihan. Gor Pajajaran yang terletak di Tanah Sareal menjadi lokasi latihan cabor sepak bola untuk Asian Games nanti.

Eko pun berharap masyarakat Kota Bogor bisa ikut serta menyemarakan perhelatan Asian Games di Kota Bogor.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA