Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Menko PMK Ajak Warga Jateng Siap Sambut Tamu Asian Games

Rabu 18 Jul 2018 11:23 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Menko PMK Ajak Warga Jateng Siap Sambut Tamu Asian Games Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat pengambilan api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (18/7).

Menko PMK Ajak Warga Jateng Siap Sambut Tamu Asian Games Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat pengambilan api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (18/7).

Foto: Republika/Fitriyanto
Puan mengingatkan agar Torch Relay dimanfaatkan sebagai promosi budaya dan wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, GROBOGAN -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengajak warga Jawa Tengah (Jateng) untuk bersiap menyambut tamu Asian Games 2018. Ia mengharapkan warga menyiapkan daerah wisata, kuliner, dan budaya daerah masing-masing.

"Bersyukur bisa hadir di Mrapen untuk ambil api abadi, untuk disatukan dengan api yang datang dari India di Candi Prambanan, nanti akan keliling Indonesia. Sampai pembukaan Asian Games nanti," ujar Puan Maharani yang juga wakil ketua dewan pengarah Inasgoc saat sambutan pengambilan api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (18/7).

photo
Puan Maharani

Puan menambahkan, tahun ini merupakan Asian Games kedua Indonesia sebagai tuan rumah setelah tahun 1962 atau setelah tujuh presiden. "Setelah 56 tahun baru ada lagi. Ini sejarah terulang, semoga sejarah yang baik turut terulang. Terutama opening dan closing harus sukses karena lima miliar pasang mata akan melihat."

Menurut Puan, akan hadir 16.920 atlet dan ofisial dari 45 negara di Asian Games 2018. Belum lagi penonton dari negara lain, semuanya akan jadi wisatawan mancanegara dan keliling menikmati wisata kuliner dan lain sebagainya. "Saya harap Jawa Tengah siap," kata dia.

Setelah menyalakan api abadi, Puan kemudian menyerahkannya pada kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Lalu, Ganjar Pranowo menyerahkan kepada Torch Ambassador, Yustedjo Tarik.

Sejumlah wilayah yang akan dikunjungi Menko PMK di antaranya Mrapen, Prambanan, Blitar, dan Bali. Kegiatan estafet api obor keliling Indonesia atau biasa dikenal dengan Torch Relay Asian Games 2018 ini menjadi simbol pertemanan dan semangat Asian Games di seluruh dunia.

Torch Relay yang akan melewati sejumlah kota di Indonesia dimaksudkan untuk menyebarkan gaung dan semarak Asian Games di semua kota di Indonesia. "Ini saatnya seluruh masyarakat di kota-kota yang dilewati ikut menyemarakkan Asian Games," ujar Menko PMK.

Menko PMK mengingatkan agar Torch Relay dimanfaatkan sebagai promosi budaya dan pariwisata Indonesia. Karena, sejumlah destinasi wisata unggulan Indonesia akan dilewati api Torch Relay, di antaranya Raja Ampat, Kawah Ijen, Danau Toba, Kepulauan Seribu, dan sebagainya. "Kita manfaatkan event Torch Relay ini untuk promosikan destinasi wisata, seni budaya, dan potensi daerah, tak hanya pada masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat dunia," jelas Puan.

Terakhir, Menko PMK juga mengajak masyarakat untuk bersatu menyukseskan Asian Games 2018. "Nyalakan api semangat bersatu dan berjuang untuk Asian Games 2018. Kibarkan bendera merah putih untuk Indonesia," kata Puan menegaskan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA