Ahad 15 Jul 2018 12:07 WIB

Obor Asian Games akan Singgahi Candi Muarojambi

Hanya 18 dari 34 provinsi di Indonesia yang dilintasi oleh kirab obor Asian Games.

Pengunjung menikmati suasana liburan di Candi Tinggi, Kompleks Percandian Muaro Jambi, Muarojambi, Jambi, Sabtu (23/6).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Pengunjung menikmati suasana liburan di Candi Tinggi, Kompleks Percandian Muaro Jambi, Muarojambi, Jambi, Sabtu (23/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Candi Muarojambi di Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi menjadi salah satu lokasi yang akan disinggahi kirab obor Asian Games XVIII 2018 pada 3 Agustus mendatang. Jambi terpilih dalam salah satu provinsi yang dilintasi kirab obor.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mengatakan menjadi kehormatan tersendiri bagi Jambi karena dilintasi kirab obor Asian Games 2018. Sebab, ia mengatakan, hanya 18 dari 34 provinsi di Indonesia yang dilintasi oleh kirab obor Asian Games.

Ia mengatakan Jambi menjadi salah satu dari 18 provinsi tersebut. Masyarakat akan merasakan kegembiraan karena candi Muarojambi menjadi lokasi kunjungan dari kirab obor Asian Games.

“Ketika kirab obor memasuki kawasan Candi Muarojambi, tentu masyarakat akan merasakan kemeriahan dan antusiasme,” kata Dianto di Jambi, Ahad (15/7).

Dianto menjelaskan kirab obor Asian Games pertama akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional. Rombongan kirab obor ini akan didaulat sebagai tamu kehormatan. 

photo
Ketua Delegasi Api Obor Celerina Judisari (tengah) melambaikan tangan sebelum keberangkatan ke India di Lanud AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (14/7). (Republika/Putra M Akbar)

Rombongan akan disambut dengan tarian selamat datang yang akan dimulai di ruang VIP room Bandara Sultan Thaha Jambi. Kegiatan di sekitar kirab obor akan dikelilingi seluruh pesilat di Jambi yang akan mengawal serta menampilkan tarian kreasi baru. 

“Pembawa obor akan didampingi oleh Bujang-Gadis Jambi dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan," kata Dianto.

Dianto mengatakan kirab obor Asian Games 2018 akan mampir ke Jambi setelah sehari sebelumnya berada di Sumatra Barat. Setelah penyambutan di Bandara Sultan Thaha Jambi, rombongan meluncur ke kawasan Candi Muarojambi.

Di Candi Muarojambi, obor akan disambut wakil bupati dan obor akan diserahkan kepada Bupati Muarojambi. "Setelah itu istirahat, makan siang dan sholat Jumat," kata dia.

Selanjutnya, obor Asian Games akan dibawa oleh beberapa orang pelari mengelilinggi Kota Jambi. Ia mengatakan pelari ini juga melibatkan atlet Provinsi Jambi yang sudah mendapatkan medali di tingkat nasional.

photo
Alat untuk membawa api obor Asian Games 2018 diperlihatkan usai acara pelepasan tim torch relay di Lanud AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (14/7). (Republika/Putra M Akbar)

Secara detail, Dianto menyebutkan, rute kirab obor Asian Games 2018 setelah dari Kawasan Candi Muarojambi, yakni start dari rumah dinas GubernurJambi menuju RS Polisi-Kampus Unja lama menuju Simpang Bata-Hotel Makmur.

Kemudian menuju Masjid Agung-Museum Perjuangan-Broni-Simpang Museum ke arah SMA 1-Tugu Juang-Simpang Bawah Transito-belok kanan kantor Imigrasi-Simpang BI dan finis di kantor Gubernur Jambi.

"Setiap 500 meter yang membawa obor akan bergantian didampingi pelari dari TNI dan Polri,” kata dia. 

Dianto selaku Sekda sekitar 200 meter membawa estafet terakhir dan akan diserahkan kepada Plt Gubernur Jambi didepan kantor  Gubernur Jambi. Sekitar pukul 17.00 WIB, rombongan akan kembali ke Bandara Sultan Thaha.

"Selanjutnya dibawa menggunakan pesawat ke Sumatra Selatan," katanya menjelaskan.

Pesta multicabang olahraga Asia itu akan digelar di Jakarta dan Palembang 18 Agustus-2 September 2018.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement