Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Dian Sastro dan Mikha Tambayong Ikut Torch Relay Asian Games

Rabu 11 Jul 2018 14:30 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo

Foto: Republika/Dwina Agustin
Ada lima pembawa obor duta Samsung yang akan ambil bagian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menjadi sponsor resmi Asian Games 2018, PT Samsung Elektronik Indonesia (SEIN) juga akan ikut memeriahkan torch relay (kirab obor) Asian Games 2018. Keterlibatan di ajang torch relay dengan menurunkan duta Samsung untuk menjadi pembawa obor di sejumlah kota yang akan dilintasi kirab.

Ada lima pembawa obor duta Samsung yang akan ambil bagian, yakni Dian Sastrowardoyo, Mikha Tambayong, Hamish Daud, Chicco Jerikho, dan seorang petinggi Samsung yakni Vice Presiden SEIN, Kang Hyun-lee.  

Dian Sastro Wardoyo akan ikut berlari di kota Solo. Mikha Tambayong kebagian membawa obor di Palembang. Hamish Daud akan berlari di Bali dan Chicco Jericho di Bogor. Adapun Kang Hyun Lee di Jakarta dan karyawan SEIN di Makassar. 

Hyun-lee menyatakan, Samsung sudah cukup lama mendukung olahraga di Indonesia. Sejak 2000 saat Olimpiade Sydney, ia menjadi bagian kontingen Indonesia dengan ikut torch relay, begitu juga pada 2004 di Olimpiade Athena. "Setalah itu, kini saya kembali ke Indonesia dan ikut lagi," kata dia kepada awak media, Rabu (11/7). 

Ia mengatakan, kalau sebelumnya Samsung hanya memeriahkan ajang multi event di negara lain, kini Asian Games 2018 diadakan di Indonesia. "Ini menjadi sebuah kebahagiaan bagi kita semua," ujar dia.

Ia mengaku Indonesia negara kedua baginya. Dalam setiap pertandingan olahraga, jika Indonesia sukses, ia merasakan ikut bahagia. "Seperti pada tahun 2000 Olimpiade Sydney, bulu tangkis Indonesia lawan Korea, Indonesia yang menang, saya ikut bahagia juga," ujar dia.

Hyun-lee berharap, dengan terlibatnya Samsung sebagai official sponsor serta ikut memeriahkan torch relay, pelaksanaan Asian Games 2018 akan makin sukses.

Sekjen Inasgoc, Eris Herryanto, menyatakan, torch relay diharapkan mampu mengangkat wisata daerah ke tingkat Asia. Sebab, acara ini juga akan diliput dan disiarkan media luar negeri. "Oleh sebab itu, kita beri kepercayaan semua kepada daerah untuk menggelar acara sesuai dengan yang mereka ingin tonjolkan," kata dia.

Eris menambahkan, Asian Games 2018  tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh seluruh komponen bangsa, pemerintah maupun swasta. "Ada 43 sponsor dukung kegiatan Asian Games. Salah satunya Samsung sebagai official sponsor".

Torch relay akan dimulai 15 Juli diawali dengan mengambil api abadi dari India. Kemudian diterbangkan ke Indonesia. Yogyakarta menjadi kota pertama dari 18 provinsi yang akan dilalui torch relay. Kegiatan ini memberi arti bagi daerah yang dilewati dan masyarakat setempat untuk lebih mengenal Asian Games 2018.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA