Selasa 10 Jul 2018 16:02 WIB

TMII Bersiap Sambut Asian Games

TMII menjadi salah satu tujuan torch relay (kirab obor) Asian Games 2018.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Israr Itah
Anjungan Sumatra Barat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Anjungan Sumatra Barat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tengah bersiap untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus nanti. TMII menjadi salah satu tujuan torch relay (kirab obor) Asian Games 2018.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Dwi Widyarto mengungkapkan, persiapan telah mulai dilakukan dengan melakukan berbagai pembenahan. Mulai dari pelebaran jalan, pembenahan tempat wisata, hingga pelayanan untuk menyambut peserta Asian Games. 

"Mereka kan dari berbagai dunia, dari berbagai negara. Harus kita siapkan bagaimana kita bisa melayani dengan baik," kata Dwi kepada Republika.co.id, Selasa (10/7).

Tidak hanya menyiapkan untuk kegiatan torch relay, TMII juga berbenah menyambut ofisial maupun atlet Asian Games jika hendak berkunjung di sela-sela pertandingan berlangsung. Untuk itu, TMII akan fokus membawa mereka ke tempat-tempat yang bernilai budaya Indonesia.

"Mereka di TMII tidak akan kita bawa ke tempat obyek-obyek yang besar seperti tempat yang ayunannya bertaraf international, atau seperti halilintar. Tapi akan kita bawa ke yang sifatnya heritage, yang sifatnya budaya, yang sifatnya mereka bisa terkesan kalau ke TMII," kata.

Alasan para tamu dibawa ke tempat yang memiliki nilai budaya, tak lain untuk mengangkat kebudayaan Indonesia di dunia internasional. Bahkan, hal tersebut juga dapat sebagai momentum untuk mempromosikan budaya Indonesia. TMII mempercantik sejumlah anjungan budaya agar siap menerima kedatangan ofisial maupun atlet Asian Games.

"Anjungan daerah tidak mungkin kita siapkan semua. Karena mereka itu tidak mungkin waktunya seharian. Ada yang kita siapkan anjungan Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jawa Timur, Bali, Jateng, Sulawesi Selatan, juga Aquarium Air Tawar, Taman Burung, yang memang betul-betul itu menarik bagi mereka," katanya.

Dwi belum bisa memastikan waktu kegiatan torch relay melewati TMII. Hal tersebut, kata dia, masih akan dibahas lebih lanjut dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement