Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

BBMKG Medan Imbau Masyarakat Waspadai Peralihan Cuaca

Sabtu 07 Jul 2018 04:11 WIB

Rep: Issha Harruma/ Red: Friska Yolanda

Pantauan cuaca BMKG.

Pantauan cuaca BMKG.

Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho
Hujan deras dan angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- BBMKG Wilayah 1 Medan mengimbau warga Sumut untuk mewaspadai cuaca ekstrem ketika peralihan musim saat ini. Curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di sejumlah daerah dan diprediksi akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba mengatakan, saat ini, sedang terjadi peralihan musim menuju kemarau. Masa peralihan inilah yang menyebabkan angin kencang dan hujan deras, seperti yang terjadi di Medan beberapa hari terakhir.

"Karena ada peralihan musim itulah terjadi cuaca ekstrem seperti di kota Medan," kata Lestari, Jumat (6/7).

Lestari mengatakan, BMKG memprediksi hujan masih akan mengguyur sejumlah daerah hingga beberapa hari ke depan. Daerah pegunungan menjadi wilayah yang akan sering dilanda hujan.

BBMKG Wilayah I Medan pun mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai peralihan cuaca yang sedang terjadi. Warga Sumut diminta untuk mewaspadai adanya cuaca ekstrem.

"Kami mengimbau kepada masyarakat kota yang sedang berkendara saat hujan agar berhenti dan berteduh di tempat yang lebih aman. Sementara, untuk daerah pegunungan selalu mewaspadai sungai. Begitu juga masyarakat yang tinggal di pinggir aliran sungai untuk selalu waspada apabila air sungai naik," ujar Lestari.

Untuk diketahui, hujan deras dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Sumut beberapa hari terakhir. Di kota Medan, beberapa pohon tumbang, Kamis (5/7) malam, dan menimpa kendaraan. Tak hanya menyebabkan kerusakan pada kendaraan, kejadian itu juga menyebabkan korban luka-luka akibat tertimpa.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA