Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Integrasi Tarif Tol akan Berlaku di Surabaya Hingga Makassar

Senin 02 Jul 2018 18:26 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini

Pekerja memasang pengumuman penyesuaian tarif di pintu tol dalam kota, Jakarta, Sabtu (31/10).

Pekerja memasang pengumuman penyesuaian tarif di pintu tol dalam kota, Jakarta, Sabtu (31/10).

Foto: Antara/Rosa Panggabean
Integrasi tarif tol memperpendek transaksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merencanakan integrasi tarif tol tidak hanya akan diberlakukan di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPRT Herry Trisaputra Zuna mengatakan saat ini ada rencana untuk memperluas penerapan integrasi tarif tol tersebut di luar Jakarta.

"Saya pikir Surabaya, juga Makassar pastinya yang kita lihat. Surabaya itu kan secara sistem kalau kita ke Surabaya rumit sekali itu, nah ini nanti akan kita sederhanakan," kata Herry di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (2/7).

Dia menjelaskan integrasi tol di Surabaya akan mengkombinasikan tol dalam kota dan antarkota. Sebab, kata Herry, nantinya akan ada sistem yang lebih efisien di Surabaya-Mojokerto, Tanjung Perak, hingga Gempol.

Sementara di Makassar, integrasi tarif akan dilakukan di Tol Makassar Seksi IV dan Tol Ujung Pandang. "Itu akan dibuat satu sistemnya. Itu di tengah-tengah ada transaksi, ada transaksi lagi," tutur Herry.

Terkait rencana tersebut, Herry memastikan pihaknya masih terus mengkaji perluasan integrasi tarif tol. Herry mengatakan, pemerintah berharap rencana tersebut bisa dilakukan pada tahun ini.

Baca: BPJT Ungkap Alasan Kenakan Tarif Rp 15 Ribu di Tol JORR

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA