Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Piala AFF U-19, Indonesia Kalahkan Laos dengan Skor 1-0

Ahad 01 Jul 2018 22:27 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pesepakbola Indonesia U19 Witan Sulaeman (kiri) berusaha merebut bola dari pesepakbola Laos U19 Kiengthavesak Xayxanapanya dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (1/7)

Pesepakbola Indonesia U19 Witan Sulaeman (kiri) berusaha merebut bola dari pesepakbola Laos U19 Kiengthavesak Xayxanapanya dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (1/7)

Foto: Antara/Zabur Karuru
Gol Indonesia dicetak oleh Witan pada babak pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Tim nasional Indonesia berhasil menang atas Laos dengan skor 1-0, dalam pertandingan turnamen AFF-19 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Ahad (1/7) malam. Gol satu-satunya itu berhasil diciptakan oleh Witan pada menit ke-29 melalui serangan balik.

Pada babak pertama, pemain Indonesia lebih banyak melakukan serangan cepat ke tim Laos seperti di menit ke-4 tendangan lambung yang dilakukan oleh Firza Andika masih melesat jauh di atas mistar gawang yang dijaga Kitom Venvongsot.

Ingin memecah kebuntuan, di menit ke-13 lagi-lagi tim asuhan Indra Sjafri ini harus bermain satu dua untuk menekan pertahanan Laos. Tetapi, penyelesaian akhir yang belum maksimal hingga skor masih bertahan 0-0.

Baru kemudian di menit ke-29, Witan Sulaeman akhirnya berhasil mencetak gol melalui aksi individu membawa bola dari tengah lapangan. Sampai akhirnya bisa menipu kiper dan berhasil mengubah skor hingga turun minum babak pertama 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

Memasuki babak kedua Indonesia tidak banyak mengubah skema pertandingan dimana tim Laos lebih banyak bermain bertahan pada pertandingan ini. Tendangan jarak jauh lebih banyak dilesatkan oleh tim Garuda Nusantara, tetapi masih belum sesuai target sasaran.

Pada menit ke-62 giliran Laos mendapatkan kesempatan tendangan bebas setelah dilanggar oleh pemain Indonesia. Namun, tendangan bebas yang dilakukan oleh Xayasith masih jauh di atas gawang Muhammad Riyadi dan skor masih tetap 1-0.

Memasuki perpanjangan waktu babak kedua, wasit harus mengeluarkan kartu merah kepada Phasao Sinonalath karena berusaha mengambil bola yang digiring Todd Rivaldo dari belakang.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri mengaku puas dengan permainan anak asuhnya ini meskipun ada beberapa kesempatan yang belum bisa diselesaikan dengan maksimal. "Pada pertandingan selanjutnya akan kami perbaiki dan kami rotasi terhadap 23 pemain kami," katanya usai pertandingan.

Sementara itu, pelatih Laos Chusack Shriphum mengatakan jika anak asuhnya sudah bermain dengan bagus dan sesuai dengan arahan. "Tadi adalah permainan yang bagus, semoga kedepan kami bisa bermain dan bisa menang," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA