Kamis 28 Jun 2018 13:48 WIB

Berbagai Keterkejutan dan Loew yang Tetap Optimistis

Sejumlah tokoh sepak bola Jerman terkejut dengan hasil yang didapat Der Panzer

Rep: Frederikus Bata/ Red: Hazliansyah
Joachim Loew
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Mantan kapten Jerman, Lothar Matthaus kecewa melihat perjalanan timnya pada Piala Dunia 2018. Die Manschaft gagal melaju ke babak knock out.

Dalam tiga laga penyisihan grup, skuat polesan Joachim Loew hanya mengumpulkan tiga poin. Teranyar Marco Reus dan rekan-rekan ditumbangkan Korea Selatan di Kazan Arena, Rusia, Rabu (27/6) malam WIB.

"Sore yang sangat menyedihkan," tulis Matthaus dalam Twitter-nya, dikutip dari BT Sport, Kamis (28/6).

Ini pertama kalinya Jerman tersingkir di putaran grup sejak 1938. Pantas saja respons atas hasil negatif Der Panzer di negeri Beruang Merah, terdengar di mana-mana.

"Ini aib terbesar dalam sejarah Piala Dunia Jerman," demikian laporan di Media Bild.

Pembicara sepak bola BBC, Gary Lineker terkesima dengan semua kejutan itu. Ia mengaku baru melihat suatu kejadian luar biasa dalam sepak bola.

"Jerman tersingkir dari Piala Dunia. Kata-kata yang sebelumnya tidak pernah terucap pada akhir dari sebuah penyisihan grup," ujar legenda Inggris dan Barcelona ini.

Meski kecewa, pelatih Der Panzer, Joachim Loew menilai, level mereka belum turun. Menurut dia, Jerman memiliki pemain muda kelas atas yang siap jika sewaktu-waktu turun gelanggang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement