Rabu 27 Jun 2018 11:41 WIB

Siswa SD RI akan Berlaga di Kompetisi Matematika di Bulgaria

Tim telah menjalani pembinaan selama dua tahap di Bogor.

Tim yang terdiri dari delapan pelajar kelas enam Sekolah Dasar (SD) terpilih untuk berlaga di
Foto: Istimewa
Tim yang terdiri dari delapan pelajar kelas enam Sekolah Dasar (SD) terpilih untuk berlaga di

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali mengirimkan delapan pelajar terpilih untuk berlaga di "1st International Festival Mathematical Triathlon Apollonia" pada 26-29 Juni 2018 melalui terminal keberangkatan 2E, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/6). Tim yang terdiri dari pelajar kelas enam Sekolah Dasar (SD) ini juga akan melakoni event bergengsi "Bulgaria International Mathematics Competition" pada 1-6 Juli 2018.

Presiden Direktur KPM Raden Ridwan Hasan Saputra dan Siti Nurmalasari turut bergabung dalam rombongan sebagai team leader dan deputy leader. Sebelum berangkat ke Bulgaria, tim KPM menjalani karantina selama dua tahap, yakni pada 3-9 Juni 2018. Tahap dua pada 21-25 Juni 2018 (SD) dan 24-30 Juni 2018 (SMP), bertempat di Padepokan Amir Syahrudin, Klinik Pendidikan MIPA, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selama proses pembinaan, seluruh peserta telah mendalami materi dalam rangka persiapan kompetisi di Bulgaria.

Kepala Divisi Lomba KPM Muchammad Fachri mengaku bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan. Kesempatan ini juga merupakan amanah yang tak mudah untuk dilalui.

“Alhamdulillah KPM mendapatkan undangan untuk mengikuti dua event internasional sekaligus di Bulgaria. Tim SD bertolak lebih dahulu karena akan berjuang di 1st International Festival Mathematical Triathlon Apollonia (SD), School, Bulgaria. Selanjutnya, tim SD dan SMP akan mengikuti laga lanjutan di BIMC,” ujar Fachri.

Meskipun kompetisi di Sozopol pertama kali dihelat, Fachri dan tim KPM tak ingin jumawa. Ia berharap tim binaannya dapat berjuang dengan baik serta mendapatkan hasil kompetisi sesuai usaha yang telah dilakukan.

Tim Key Stage II (sebutan tim SD) akan menghadapi tiga bidang perlombaan, yakni Number Theory, Geometry, dan Combinatoric. Setiap bidangnya peserta diharuskan mengerjakan delapan soal.

Berikut daftar formasi tim Key Stage II (SD) Klinik Pendidikan MIPA.
1. Nisrina Fathiyya Nugraha – SDIT Nurul Fikri Depok
2. Muhammad Ilham Al Farisi – SDIT Ummul Quro Bogor
3. Amara Khairunnisa Dinata – SD Pertiwi Bogor
4. Jefferson Evans Manadi – SDK 6 Penabur Kelapa Gading Jakarta
5. Pasha Razaka Fitrah Madjid – SDI Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta
6. Teuku Arkansyah Ali -SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta
7. Maulana Satya Adigama – SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
8. Farel Zakwan – SDN Cibatok 3 Bogor.

Sementara itu, KPM tak hanya memboyong tim SD saja, melainkan tim SMP juga yang akan menyusul berangkat pada 30 Juni mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement