Rabu 20 Jun 2018 07:41 WIB

Kemenangan Emosional yang Dibawa Yuya Osako

Banyak suporter Jepang yang menangis terharu dengan kemenangan ini

Rep: Lintar Satria/ Red: Hazliansyah
Selebrasi pesepak bola Jepang Yuya Osako (tengah) usai mencetak gol kedua timnya pada pertandingan grup H Piala Dunia 2018 di Mordavia Arena, Saransk, Selasa (19/6).
Foto: AP/Vadim Ghirda
Selebrasi pesepak bola Jepang Yuya Osako (tengah) usai mencetak gol kedua timnya pada pertandingan grup H Piala Dunia 2018 di Mordavia Arena, Saransk, Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SARANSK -- Gol Yuya Osako dalam pertandingan melawan Kolombia dalam babak penyisihan Grup H Piala Dunia, di Mordovia Arena, Senin, (20/6) sangat emosional bagi Jepang. Sebab gol ini mengunci kemenangan Jepang dalam pertandingan perdana mereka di Piala Dunia 2018.

Tidak hanya itu, gol Osako sekaligus membalas kekalahan Jepang dari Kolombia pada empat tahun yang lalu. Tepatnya di Piala Dunia 2014 ketika Jepang dibantai Kolombia 4-1 di babak yang sama.

Hasil itu sangat mengecewakan bagi Jepang karena membuat mereka tersingkir dari Piala Dunia 2014.

"Kami melewati empat tahun tanpa melupakan kekecewaan, kami memulai (Piala Dunia 2018) dengan baik, jadi saya pikir bermain dengan baik tadi," kata Osako, seperti dilansir dari situs resmi FIFA, Rabu (20/6).

(baca juga: Aksi Hebat Kane: Dua Gol, Tiga Poin, dan Trofi Bintang Laga)

Jutaan warga Jepang merayakan gol Osako ini. Pemain klub Jerman Koln ini menjadi pahlawan dadakan negeri Sakura tersebut.

Terlihat banyak suporter Jepang yang menangis di tribun saat Osako mencetak gol kedua bagi Jepang. Atas kontribusinya, Osako pun terpilih sebagai Man of the Match dalam pertandingan ini.

"Melihat tribun, banyak sekali kaos kuning, tapi juga banyak pendukung berseragam biru. Kami mendapatkan banyak energi dari mereka, saya harus berterima kasih kepada para supporter dan saya pikir energi mereka sangat membantu hari ini," tambah Osako.

Jepang diuntungkan ketika Carlos Sanchez mendapatkan kartu merah saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Shinji Kagawa yang menjadi eksekutor tendangan penalti berhasil menciptakan keunggulan bagi Jepang.

Kolombia sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-39 lewat gol yang dicetak oleh Juan Quintero. Sampai akhirnya pada menit ke-79, Osako mencetak gol setelah memanfaatkan tendangan sudut yang dilakukan oleh Keisuke Honda melalui sundulan kepalanya.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement