Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Sebanyak 357 Narapidana Lapas Pemuda Tangerang Dapat Remisi

Sabtu 16 Jun 2018 22:35 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Muhammad Hafil

Lapas Pemuda

Lapas Pemuda

Foto: Republika/Aditya
Remisi diberikan berdasarkan beberapa faktor.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 357 warga binaan Lapas Pemuda Tangerang mendapatkan remisi Lebaran. Remisi ini secara resmi diberikan pada Jumat (15/6), bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

"Ada yang langsung pulang tiga orang, karena pada saat dia dapat remisi, masa pidananya sudah habis," ungkap Kepala Sub Seksi Registrasi Lapas Pemuda Tangerang Tommy Ardy Nugroho di Lapas Pemuda Tangerang, Sabtu (r6/6).

Remisi diberikan berdasarkan beberapa faktor, salah satunya adalah kelakuan baik. Faktor lain yang turut menentukan pemberian remisi adalah kelengkapan syarat dari warga binaan.

Sebagai contoh, warga binaan terkait kasus narkoba bisa mendapatkan remisi jika sudah memenuhi syarat menjadi justice collaborator (JC). Sebelum mendapatkan remisi, mereka harus bekerjasama dengan penyidik dari kepolisian maupun kejaksaan untuk membongkar rantai pengedar narkoba dari level bawah hingga ke 'atas' atau bosnya.

"Kalau tidak ada JC tidak bisa dapat (remisi). Yang tentukan (JC) kepolisian, penyidik, dan penyidik dari kejaksaan," terang Tommy.

Saat ini, Lapas Pemuda Tangerang dihuni oleh sekitar 2.600 warga binaan. Jumlah penerima remisi Lebaran kali ini tercatat mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA