Sabtu 16 Jun 2018 01:50 WIB

Ronaldo Perkasa, Portugal Sementara Unggul 2-1 Atas Spanyol

Ronaldo mencetak dua gol di babak pertama.

Rep: Bayu Hermawan & Frederikus Bata/ Red: Bayu Hermawan
Selebrasi Cristiano Ronaldo seusai menjebol gawang Spanyol.
Foto: AP Photo/Francisco Seco
Selebrasi Cristiano Ronaldo seusai menjebol gawang Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI -- Portugal berhasil unggul untuk sementara atas Spanyol dengan skor 2-1 dalam laga grup B Piala Dunia 2018, di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, Sabtu (16/6) dini hari WIB. Dua gol untuk Portugal dicetak sang kapten, Cristiano Ronaldo, sementara gol balasan Spanyol dicetak Diego Costa.

Sejak peluit tanda pertandingan dimulai, kedua tim langsung tampil saling mengebrak. Pertarungan di lapangan tengah berlangsung sengit. Portugal membuka keunggulan pada menit ke-4.

Berawal dari aksi Ronaldo yang mencoba menusuk pertahanan Spanyol, dijegal oleh Nacho Fernandez. Wasit kemudian menunjuk titik penalti atas pelanggaran tersebut. Ronaldo yang menjadi eksekutor sukses mengecoh David de Gea. Portugal pun unggul 1-0 atas Spanyol.

Tertinggal, Spanyol langsung meningkatkan serangan. Beberapa kali para pemain Spanyol berhasil masuk ke jantung pertahanan Portugal. Namun solidnya pertahanan Portugas yang digalang Pepe, membuat Spanyol belum mampu menyamakan kedudukan.

Spanyol akhirnya dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-23 melalui Diego Costa. Pemain Atletico Madrid itu berhasil memanfaatkan umpan yang gagal diamankan oleh Pepe. Costa kemudian membawa bola masuk ke dalam kotak penalti, dan sempat mengecoh dua pemain Portugal sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu di halau kiper Portugal Rui Patricio.

Para pemain Portugal sempat melakukan protes karena menganggap Costa terlebih dahulu melakukan pelanggaran terhadap Pepe. Namun wasit tetap mensahkan gol tersebut. Portugal 1-1 Spanyol. Tensi pertandingan semakin tinggi. Pada menit ke 25, Spanyol kembali mendapatkan peluang emas, lewat tendangan keras yang dilepaskan Isco. Bola mengenai tiang gawang dan memantul ke arah dalam gawang. Namun wasit menyatakan tidak terjadi gol.

Ronaldo menjadi pembeda dalam laga antara Portugal versus Spanyol. Pemain Real Madrid itu mencetak gol kedua pada menit ke-45, dan membawa Portugal kembali memimpin. Tendangan keras Ronaldo dari luar kotak penalti gagal diamankan secara sempurna oleh de Gea. Hingga peluit tanda babak pertama usai, Portugal unggul sementara dengan skor 2-1 atas Spanyol.

Susunan pemain Portugal (4-4-2):

Kiper: Rui Patricio
Bek kiri, kanan: Raphael Guerreiro, Cedric Soares
Bek tengah kiri, kanan: Jose Fonte, Pepe
Gelandang kiri, kanan: Bruno Fernandes, Bernardo Silva
Gelandang tengah kiri, kanan: William Carvalho, Joao Moutinho
Penyerang kiri, kanan: Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes
Pelatih: Fernando Santos

Susunan pemain Spanyol (4-2-3-1):

Kiper: David de Gea
Bek kiri, kanan: Jordi Alba, Nacho Fernandez
Bek tengah kiri, kanan: Sergio Ramos, Gerard Pique
Gelandang bertahan kiri, kanan: Koke, Sergio Busquets
Gelandang serang kiri, tengah, kanan: Andres Iniesta, Isco, David Silva
Penyerang: Diego Costa
Pelatih: Fernando Hierro

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement