Ambruknya Jamaah Ied Hingga Kagetkan Warga

Rep: Rizky suryarandika/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Jumat 15 Jun 2018 08:44 WIB

Salah satu jamaah Masjid Agung kota Tasik diduga mengalami ayan hingga mengagetkan jamaah lainnya, Jumat (15/6). Foto: Rizky suryandika/REPUBLIKA Salah satu jamaah Masjid Agung kota Tasik diduga mengalami ayan hingga mengagetkan jamaah lainnya, Jumat (15/6).

Jamaah mengatakan kemungkinan korban adalah pengidap epilepsi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Rizky Suryandika/Wartawan Republika

 

Ada kejadian tak biasa dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jumat (15/6) pagi. Salah satu jamaah shalat ied tiba-tiba ambruk ketika hampir usai melaksanakan shalat. Peristiwa itu membuat jamaah lainnya panik.

Terpantau sekitar pukul 06.40 WIB, seusai shalat mata sebagian jamaah tertuju ke jalan Yudanegara pinggir Masjid Agung yang digunakan shalat Ied. Setelah ditelusuri ternyata ditemukan salah satu jamaah tersungkur. Sejumlah jamaah dan petugas Satpol PP kedapatan tengah berusaha membantu jamaah itu.

Sayangnya proses pertolongan pertama terhambat oleh ketidakadaan petugas kesehatan. Alhasil warga dan petugas hanya bisa membantu seadanya menggunakan balsam.

Salah satu jamaah Agus Gunarsa mengungkapkan jamaah itu tiba-tiba tersungkur setelah shalat berakhir. Ia pun kaget mendapati jamaah yang tiba-tiba tersungkur.

"Jamaah itu lagi atahiat akhir kayak ketawa, pas salam dia kejang-kejang. Mungkin ayan. Sempat ditolong warga," katanya pada wartawan di lokasi.

Ia merasa heran dengan kejadian itu. Sebab sebelum shalat, jamaah tersebut tak menunjukan gejala penyakit.

"Sebelum shalat mah biasa saja tidak kenapa-kenapa," ucapnya.

Dibutuhkan sekitar 15 menit hingga mobil Satpol PP tiba di lokasi. Kemudian jamaah itu dibawa menuju klinik terdekat untuk memperoleh perawatan. Sayangnya kondisi jamaah dalam kondisi setengah sadar hingga tak bisa bicara dengan jelas.

"Tadi datangnya memang sendiri nggak ada keluarganya. Jadi saya juga nggak tau identitasnya," ujarnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X