Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Buat Kopi Enak, Ini Alat yang Dibutuhkan

Ahad 17 Jun 2018 04:35 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Secangkir kopi hitam

Secangkir kopi hitam

Foto: pexels
Ada tiga alat yang bisa jadi pilihan membuat kopi sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alat membuat kopi yang sering dilihat di kedai-kedai begitu besar dan mahal. Padahal banyak cara membuat kopi yang menggunakan alat mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Starbucks Indonesia Barista Championship 2016 Genoveva Fellicia mengatakan, ada tiga alat yang bisa menjadi alternatif membuat kopi di rumah. French press, Chemex, dan pour over, merupakan alat pembuat kopi yang bisa menghasilkan rasa berbeda-beda.

"Paling umum dilihat biasanya french press. Ini pun bisa dibilang paling mudah," kata Fellicia.

Penggunaan alat ini cukup dengan memasukkan kopi dan air, kemudian, beri metal filter, dan ditutup. Tunggu hingga empat menit, kopi dengan rasa lebih berat sebab masih ada beberapa sisa kopi yang ikut karena saringannya memang tidak begitu rapat.

Kemudian, untuk pour over ini mirip dengan teknik V60, hanya saja di bagian bawah alat ini lebih datar. Karena itu pour over pun dikenal dengan flat bottom drip, yang berbeda dengan V60 yang memang memang mengerucut bagian bawahnya.

Untuk membuat kopi menggunakan alat ini, cukup dengan memasukan filter ke dalamnya, tuang kopi, kemudian masukkan air setengahnya diamkan dulu selama lima detik. Setelah itu masukkan air secara keseluruhan dengan cara memutar.

"Cara ini dilakukan agar air merata terkena seluruh kopi, jadi nanti tidak perlu diaduk lagi pun tidak masalah,"kata Starbucks Indonesia Latte Art Championship 2015 tersebut.

Sedangkan chemex, merupakan alat yang cukup rumit dalam pembuat kopi di banding dua alat sebelumnya. Fellicia menjelaskan, penggunaan alat ini harus tepat antara paduan air dan waktu selama proses pembuatan.

Contoh saja, dengan kopi 35 gram, dibutuhkanair 540 mililiter. Untuk menyeduhnya diperlukan filter lebih tebal agar bisa menyerap minyak dari kopi lebih banyak.

Untuk penggunaannya, taruh kopi, kemudian tuang air sebanyak 50 mililiter dengan cara memutar. Setelah itu diamkan selama 30 detik. Ketika sudah 30 detik, masukan air hingga 270 mililiter, kemudian setelah selesai diamkan kembali 30 detik. Setelah itu, baru habiskan air yang tersisa.

"Cara ini memang membutuhkan timbangan dan timer untuk mendapatkan hasil kopi yang pas," kata Fellicia.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA