Ahad 10 Jun 2018 16:36 WIB

Bukan Neymar, Ini Pemain Kunci Brasil Versi Gilberto Silva

Silva menyebut Casemiro bakal memegang peran vital

Rep: Frederikus Bata/ Red: Hazliansyah
Selebrasi pemain Real Madrid  Casemiro (kanan) setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan UEFA Super Cup  di Stadion Philip II Arena, Skopje, Macedonia, Rabu (9/8) dini hari.
Foto: Thanassis Stavrakis/AP
Selebrasi pemain Real Madrid Casemiro (kanan) setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan UEFA Super Cup di Stadion Philip II Arena, Skopje, Macedonia, Rabu (9/8) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANIERO -- Tim nasional Brasil menjadi salah satu unggulan di Piala Dunia 2018. Skuat polesan Adenor Leonardo Bacchi (Tite) didaulat sebagai calon juara event sepak bola paling bergengsi antarnegara tersebut.

Eks gelandang bertahan Selecao, Gilberto Silva, menunjuk satu nama pemain kunci mereka di Rusia nanti. Silva menyebut gelandang tengah Real Madrid, Casemiro bakal memegang peran vital.

Kebetulan keduanya bermain di posisi yang sama pada era berbeda. Silva berada di skuat Brasil yang menjuarai Piala Dunia 2002.

"Sekarang dengan Casemiro, Brasil memiliki pelindung empat bek. Ini membebaskan para pemain untuk menyerang," ujar mantan jagoan Arsenal, mengutip dari Sky Sports, Ahad (10/6).

Silva memuji kombinasi Casemiro dan Paulinho di lini tengah Selecao. Kepandaian bertahan pesepak bola 26 tahun, membuat Paulinho bebas membantu penyerangan hingga ke kotak penalti lawan.

Saat ini Brasil sudah memiliki tiga kuartet lini depan. Para jagoan tersebut antara lain, Neymar jr, Gabriel Jesus, dan Phillipe Coutinho.

Hal serupa dialami Silva pada 2002 lalu. Kala itu tim samba mempunyai trio maut seperti Luis Ronaldo, Rivaldo, dan Ronaldinho.

Pada akhirnya ia menegaskan, skuat Brasil terus mengalami pendewasaan dibanding empat tahun lalu. Saat itu, tampil di rumah sendiri, langkah Selecao terhenti di semifinal. Pada babak empat besar, tuan rumah dicukur Jerman, 1-7.

"Jika kami bermain seperti yang kami lakukan selama beberapa bulan terakhir, kami memiliki peluang bagus," ujar sosok 41 tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement