Sabtu 09 Jun 2018 17:44 WIB

Legenda Belanda: Messi 50 Persen Kekuatan Argentina

Argentina kesulitan dan tidak memiliki kecemerlangan saat tampil tanpa Messi.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi mengambil tendangan penalti saat melawan Haiti.
Foto: EPA-EFE/David Fernandez
Lionel Messi mengambil tendangan penalti saat melawan Haiti.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Legenda sepak bola Barcelona dan timnas Belanda Patrick Kluivert mengatakan, Lionel Messi adalah 50 persen kekuatan Argentina. Ia mengakui memang tak sepenuhnya Argentina bergantung pada Messi, tapi menurutnya pemain berusia 32 tahun itu akan menjadi kekuatan terbesar Argentina.

"Messi pemain penting, baik untuk Barcelona maupun Argentina, saya pikir ia 50 persen kekuataan timnas Argentina. Saya tidak mengatakan semuanya tergantung pada dia, tapi di hari yang baik dia memberdayakan segalanya," kata Kluivert seperti dilansir dari Ole, Sabtu (9/6).

Argentina baru saja membantalkan pertandingan persahabatan melawan Israel. Skuat Tango juga kehilangan Manuel Lanzini yang mengalami cedera ligamen. Argentina hanya memiliki satu pertandingan persahabatan, yakni ketika mengalahkan Haiti 4-0 pada 30 Mei lalu.

Kluivert yakin Messi akan menjadi pendorong Argentina di Piala Dunia2018 nanti. Argentina akan menghadapi Islandia pada pertandingan pembuka pada 16 Juni mendatang.

Kluivert menambahkan hal ia sudah terbukti saat kualifikasi Piala Dunia tahun lalu. "Tentu dia manusia biasa dan ada satu hari ia bangun dalam keadaan yang tidak begitu bagus, maka saat itu akan menjadi persoalan yang rumit bagi Argentina," ujarnya.

Di kualifikasi ketika Messi tidak bermain, lanjut Kluivert, Argentina kesulitan dan tidak memiliki kecemerlangan serta tidak bisa memenangkan pertandingan. "Jika ada Messi mereka pasti akan menang," kata dia.

Messi memang menjadi penentu lolosnya Argentina ke Piala Dunia tahun ini. Ia mencetak hattrick di pertandingan terakhir kualifikasi wilayah Amerika Selatan. Dalam laga Oktober 2017 itu, Argentina akhirnya lolos ke Piala Dunia setelah menang 3-1 atas Ekuador.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement