Selasa 05 Jun 2018 09:51 WIB

Pelatnas Loncat Indah Gelar Pemusatan Latihan di Cina

Pemusatan latihan akan dimulai pada 6 Juni hingga 17 Agustus

Sejumlah atlet pelatnas loncat indah berlatih di Stadion Akuatik, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (12/4).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah atlet pelatnas loncat indah berlatih di Stadion Akuatik, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (12/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) akan mengirim delapan atlet loncat indah ke pemusatan latihan di luar negeri. Tepatnya di Cina yang akan berlangsung pada 6 Juni hingga 17 Agustus untuk persiapan Asian Games 2018.

"Kami sudah masuk persiapan khusus dan latihan loncatan-loncatan inti. Kami juga masih harus membenahi kondisi fisik para atlet dengan latihan pemanasan," kata pelatih kepala tim loncat indah Indonesia, Harly Ramayani, Senin (4/6) kemarin.

Tiga atlet akan berangkat ke Cina terlebih dahulu pada Rabu (6/6) sebelum disusul lima atlet lain pada Sabtu (16/6). Tiga atlet itu adalah Adityo Restu Putra, Tri Anggoro P., dan Andrian.

Harly mengatakan, pemilihan pemusatan latihan di Cina dengan alasan keberadaan pelatih konsultan dan fasilitas latihan kering (dryland). Fasilitas itu tidak dimiliki Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK).

"Fokus para atlet tidak terpecah jika berlatih di Cina. Intensitas latihan mereka juga akan lebih tinggi dibanding latihan di Jakarta," ujarnya.

Tim loncat indah Indonesia, lanjut Harly, masih mempunyai sisa waktu 10 hari untuk menyesuaikan dengan kolam di GBK sepulang dari Cina pada 17 Agustus. "Perlombaan loncat indah Asian Games pada 28 Agustus sehingga atlet kami masih punya waktu persiapan," katanya.

Harly mengatakan persaingan pada perlombaan loncat indah akan didominasi tim Cina, Jepang, dan Korea Selatan. "Kami fokus pada nomor synchronize karena medali tentu akan direbut tiga tim itu," katanya.

Stadion Akuatik GBK Senayan, menurut Harly, tidak memiliki fasilitas latihan kering yang menjadi latihan kunci bagi atlet-atlet loncat indah Indonesia.

"Kami akan fokuskan latihan para atlet pada teknik lompatan dan latihan fisik sebelum latihan ke kolam. Jika kami masih punya waktu, kami akan meningkatkan tingkat kesulitan latihan," katanya.

Tim loncat indah Merah-Putih mendapatkan target medali perunggu pada Asian Games. Perlombaan loncat indah Asian Games terdiri dari 10 nomor yaitu platform 10 meter putra, platform 10 meter putri, springboard satu meter putra, springboard satu meter putri, springboard tiga meter putra dan springboard tiga meter putri.

Selain itu sinkronisasi plaform 10 meter putra, sinkronisasi platform 10 meter putri, sinkronisasi springboard tiga meter putra, dan sinkronisasi springboard tiga meter putri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement