Tetap Go Green Saat Ramadhan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

 Rabu 30 May 2018 08:45 WIB

Makanan Organik (Ilustrasi) Foto: muslimdaily Halal

Muslim bertanggung jawab memastikan lingkungan digunakan secara berkelanjutan

2. Pastikan makanan halal
Ramadhan tahun ini pertimbangkan untuk makan makanan halal. Ada pedoman Islam tentang bagaimana cara ternak hidup dibesarkan hingga disembelih dan ini sering bertentangan dengan perlakuan yang diterima hewan dalam operasional pabrik skala besar.

Ada banyak peternakan rakyat yang membebaskan hewan-hewan ternak berkeliaran dan merumput di lapangan bebas. Mereka juga tidak menggunakan steroid, hormon pertumbuhan, dan antibiotik, juga memenuhi persyaratan halal.

Jika mungkin, Anda bisa mempertimbangkan menjadi vegetarian selama beberapa hari puasa. Ada banyak manfaat lingkungan dan ekologi dari memilih makanan nondaging. Jika seluruh orang Amerika menjadi vegetarian satu hari, AS bisa menghemat 100 miliar galon air dan 70 juta tabung gas.

Rasulullah SAW bukanlah pemakan daging yang sering. Sebagian besar makanannya justru bukan daging. Nabi Muhammad SAW menyunnahkan makan daging secukupnya, sebagaimana ia bersabda, "Waspadalah terhadap daging. Ini memiliki kecanduan seperti kecanduan anggur."

3. Hindari produk sekali pakai
Hindari menggunakan produk-produk sekali pakai, seperti wadah styrofoam atau kertas saat menikmati buka puasa. Produk-produk sekali pakai sering kali dianggap cara cepat untuk menyajikan makanan pada acara-acara besar karena tak perlu dibersihkan. Namun, dampak jangka panjang terhadap lingkungan amat memprihatinkan.

Di AS, wadah styrofoam mengambil porsi 25-30 persen ruang berdasarkan volumenya di tempat pembuangan akhir (TPA). Orang Amerika membuang lebih dari 25 miliar cangkir styrofoam setiap tahunnya, sehingga potensi limbahnya sangat besar.

Jika Anda harus menggunakan produk sekali pakai, pertimbangkan alternatif, seperti wadah atau plastik nabati yang dapat dikomposkan. Anda juga bisa memilih menyewa peralatan makan dari pengusaha katerig lokal untuk menghemat waktu pembersihan.


Berita Lainnya

Play Podcast X