Jumat 25 May 2018 00:41 WIB

Adhi Pratama Optimistis Perkuat Timnas Basket di Asian Games

Dia pun harus rela tidak diikutsertakan ke Amerika Serikat bersama rekan-rekannya.

Adhi Pratama saat melakukan dunk.
Foto: NBL Indonesia
Adhi Pratama saat melakukan dunk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Center tim nasional bola basket putra Indonesia. Adhi Pratama Putra, optimistis bisa pulih dari cedera ligamen lutut (MCL) yang dideritanya. Ia yakin bisa bermain untuk timnas pada Asian Games 2018.

"Cederanya sudah sebulan. Mungkin sebulan lagi bisa sembuh," ujar Adhi di Jakarta, Kamis (24/5).

Demi memuluskan pemulihannya, pemain berusia 25 tahun itu terus menjalani terapi. Dia pun harus rela tidak diikutsertakan ke Amerika Serikat bersama rekan-rekannya untuk menjalani pemusatan latihan dan uji coba.

"Saat ini saya sedang terapi penguatan dan menggunakan ultrasound demi mengurangi rasa sakit," kata Adhi.

Tidak kali ini saja center Pelita Jaya tersebut mengalami cedera lutut. Hal serupa pernah dialaminya pada 2017. Ia absen lama di kompetisi bola basket IBL 2017 dan tidak bisa membela Indonesia pada Kejuaraan SEABA 2017 dan SEA Games 2017.

Cedera Adhi membuat pelatih timnas bola basket putra untuk Asian Games 2018, Fictor Roring, resah. Pelatih yang akran disapa Ito tersebut harus memutar otak mengingat itu jumlah big man dalam skuatnya berkurang.

Salah satu solusinya, dia memanggil kembali center Pelita Jaya yang pada 2017 sudah menyatakan tidak lagi membela timnas, Ponsianus Nyoman Indrawan.

"Saya mengontak Koming (panggilan Ponsianus) karena ini keadaan darurat, kami kekurangan center. Adhi masih cedera, Christian Ronaldo Sitepu pensiun dan Vincent Kosasih lebih memilih memperkuat timnas 3X3," kata Fictor.

Sebagai persiapan Asian Games 2018, timnas bola basket putra akan berangkat ke Los Angeles, Amerika Serikat pada Sabtu (26/5). Mereka akan berada di sana untuk pemusatan latihan serta uji coba.

Sebanyak 14 pemain timnas akan diikutsertakan dalam program tersebut yakni Ponsianus Nyoman Indrawan, Kevin Yonas Sitorus, Respati Ragil Pamungkas, Abraham Damar Grahita, Valentino Wuwungan, Xaverius Prawiro, Sandy Fabiansyakh, Andakara Prastawa, Arki Wisnu, Muhammad Dhiya'ul Haq, Firman Nugroho, Juan Laurent Kokodiputra, Avan Seputra dan pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement