Mengisi Ramadhan, Doha Gelar Kontes Penghafalan Alquran

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah

 Rabu 23 May 2018 17:07 WIB

Anak-anak tengah belajar mengaji. Foto: AP Anak-anak tengah belajar mengaji.

Sebanyak 50 anak-anak berusia 10 hingga 12 tahun, berpartisipasi dalam kompetisi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Desa Budaya Katara di Doha, Qatar, menyelenggarakan kompetisi penghafalan Alquran dalam rangka mengisi kegiatan Ramadhan tahun ini. Kompetisi Alquran ke-7 bagi anak-anak itu akan berlanjut hingga 31 Mei mendatang.

Dilansir di Gulf Times, Rabu (23/5), sebanyak 50 anak-anak berusia 10 hingga 12 tahun, termasuk perempuan, berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Sesi orientasi bagi para peserta sebelumnya dimulai pada Ahad lalu. Sesi pengenalan itu mencakup pelajaran dalam ayat-ayat yang dipilih dari Alquran dan hadist, shalat, sejarah Islam dan etika Islam.

Bagi peserta laki-laki, sesi orientasi dilakukan di masjid utama di Katara. Sementara peserta perempuan dilakukan di Masjid Emas di Katara. Sesi tersebut dilakukan setelah Shalat Ashar mulai dari hari Ahad hingga Kamis selama dua pekan ke depan.

Kompetisi tahunan ini digelar bertujuan untuk menjaga anak-anak agar terikat pada identitas dan nilai-nilai Islam. Hal itu dilakukan melalui pembelajaran, penghafalan dan pembacaan Alquran. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X