Senin 14 May 2018 15:35 WIB

Afkaaruna Islamic School Wisuda Puluhan Siswanya

Afkaaruna berupaya mempercepat visi dan misi lembaga

Suasana wisuda siswa-siswi Afkaaruna Islamic School di Auditorium Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia (UII), Ahad (13/5).
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Suasana wisuda siswa-siswi Afkaaruna Islamic School di Auditorium Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia (UII), Ahad (13/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Afkaaruna Islamic School sukses mewisuda puluhan siswa-siswinya yang naik jenjang pada akhir tahun ajaran 2017/2018 ini. Pagelaran wisuda yang dihadiri para orang tua murid tersebut digelar di Auditorium Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia (UII), Ahad (13/5).

Acara bertajuk haflah akhirussanah tersebut merupakan akhir dari rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Kamis (10/5). Beberapa kegiatan yang telah berlangsung sebelumnya di antaranya Family Fun Walk, Bazaar, & Garage Sale, Majelis Istima'il Qur'an, Majelis Dzikir dan Ta'lim, serta Medical Check Up.

Ketua Yayasan Abdul Djalil Sibaweh & Afkaaruna Islamic School, Samsul Ma'arif Mujiharto, dalam sambutannya kemarin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu membesarkan Afkaaruna sejak berdiri dua tahun lalu.

"Atas nama seluruh keluarga besar Afkaaruna Islamic School, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua pengorbanan dan kontribusi yang sudah diberikan," ujar pria yang akrab dipanggil Arif tersebut.

Ia menambahkan, menginjak usia dua tahun, Afkaaruna berupaya mempercepat visi dan misi lembaga di antaranya dengan melakukan konsolidasi organisasi yang meliputi pembentukan unit seperti Directorat of al-Dirasah al-Islamiyyah, Directorate of International Engagement, dan Afkaaruna Office of Administration.

"Konsolidasi organisasi diawali dengan penajaman visi madrasah yang bertumpu pada tiga pilar yaitu keislaman, kelokalan, dan keinternasionalan," tutur Arif.

Selain itu, Afkaaruna juga akan berupaya melakukan konsolidasi akademik, konsolidasi finansial, dan konsolidasi Parents Engagement in Madrasa (PEM).

"Afkaaruna berkomitmen untuk berpijak pada prinsip quality first. kualitas akademik sebagai prioritas utama, pembangunan fisik berjalan mengikutinya," kata Arif.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Ahmad Fauzi, berharap Afkaaruna bisa menjadi tempat rujukan pendidikan yang islami, lokal, namun memiliki output internasional.

Menurut dia, tiga aspek pendidikan yang harus berjalan dalam sebuah sekolah adalah pendidikan untuk menanamkan dasar-dasar pemikiran, pendidikan untuk menjadi pribadi yang lembut, serta pendidikan yang menyehatkan baik lahir, batin, maupun spiritual.

"Jika ini bisa diwujudkan maka Afkaaruna secara sendirinya bakal menjadi lembaga yang besar," ujar Fauzi.

Berdiri pada 10 April 2016, Afkaaruna yang berada di bawah naungan Yayasan Abdul Djalil Sibaweh telah memiliki sebanyak 110 siswa yang terdiri dari siswa-siswi pre-Afkaaruna Preschool (PAUD), Afkaaruna Kindy (Raudhatul Athfal/TK), dan Afkaaruna Primary (Madrasah Ibtidaiyah/SD).  Berlokasi di Jalan Kaliurang KM 12,5 tepatnya di Dusun Pelem, Harjobinangun, Pakem, Sleman, sekolah ini mengusung konsep keislaman, kelokalan, dan keinternasionalan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement