Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Massa Bersihkan Monas Pascaaksi 115

Jumat 11 May 2018 18:44 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil

Massa umat muslim mengikuti aksi Indonesia Bebas Al-Quds 115 di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (11/5).

Massa umat muslim mengikuti aksi Indonesia Bebas Al-Quds 115 di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (11/5).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Anggota Gemas telah menyebar kantong plastik sehari sebelum aksi

REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA -- Aksi Solidaritas Bela Baitul Maqdis Palestina atau Aksi 115 berlangsung dengan damai di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (11/5). Ribuan massa aksi ini mulai meninggalkan Monas sekitar pukul 13.00 WIB. Sementara, sebagian kelompok massa aksi mengajak massa aksi untuk membersihkan sampah yang tertinggal.

Seperti massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Membersihkan Masjid (Gemas) tampak masih membersihkan kawasan Monas pasca Aksi Bela Baitul Maqdis selesai.

Ketua Dewan Pembina Gemas Romadi mengatakan, sejak Kamis (11/5) malam, anggota Gemas telah menyebar menaruh kantong-kantong plastik untuk sampah. "Ada sekitar 1.000 kantong sampah yang kita sebar, baik sebelum dan sesudah aksi kepada para jamaah," kata Romadi saat diwawancara di Lapangan Silang Monas Jakarta, Jumat (11/5).

Menurut Romadi, biasanya dalam aksi sebelumnya anggotanya langsung memungut dan menyapu sampah. Namun, dalam aksi Gemas kali ini lebih mengajak para jamaah untuk peduli terhadap kebersihan dan bisa lebih berpartisipasi.

Gemas memang selalu tampil terdepan dalam hal kebersihan di setiap aksi umat Islam yang digelar di kawasan Monas. Bersenjatakan sapu lidi, pengki dan kantong sampah plastik, pasukan Gemas terus membersihkan lokasi aksi.

Setelah terkumpul sampah akan dipilih. Sampah plastik botol air minum akan diberikan kepada pemulung, sedangkan sampah organik akan angsung dibuang ke tempat sampah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA