Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Menjaga Berat Badan Ideal Cegah Risiko Kematian Dini

Rabu 02 May 2018 03:03 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani

Menimbang berat badan

Menimbang berat badan

Foto: easternshoremedicalweightloss.com
Cara paling utama adalah konsumsi makanan sehat rendah lemak dan rutin olahraga

REPUBLIKA.CO.ID,  ABERDEEN -- Diet atau mengatur pola makan sehat untuk mencapai berat badan ideal dapat memangkas risiko kematian dini. Hal itu teruji dalam studi yang dilakukan tim ilmuwan dari Universitas Aberdeen dan Universitas Auckland.

Cara paling utama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat rendah lemak dan rutin berolahraga. Tambahan suplemen multivitamin juga akan membantu, selain mengurangi atau menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok.

Para peneliti mengklaim, diet untuk mencapai berat badan ideal itu berpeluang menekan risiko kematian dini hingga sebesar 18 persen. Diet pun sangat bermanfaat untuk mencegah risiko mengidap diabetes.

"Diet rendah lemak dan rendah lemak jenuh, dengan atau tanpa olahraga, dapat mengurangi semua penyebab kematian prematur pada orang dewasa yang mengalami obesitas," kata tim peneliti, dikutip dari laman Express.

Sederet makanan yang dianjurkan antara lain biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Konsumsi rutin teh hijau turut mendukung diet tersebut karena khasiatnya menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit pernapasan.

Tidak hanya makanan, jaringan sosial yang kuat juga penting untuk meningkatkan harapan hidup. Dianjurkan bergabung dealam kelompok yang sama-sama memiliki tujuan mencapai berat badan ideal agar lebih bersemangat melakukan diet.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA