Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Enam Program Unggulan Matematika Nalaria Realistik

Sabtu 28 Apr 2018 12:27 WIB

Red: Budi Raharjo

Matematika Nalaria Realistik (MNR)

Matematika Nalaria Realistik (MNR)

Foto: KPM
KPM menerapkan sistem metode seikhlasnya (SMS) bagi para siswanya

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Disadari atau tidak, era pendidikan abad 21 tengah terjadi. Dinamika kehidupan makin kompleks. Salah satunya disebabkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian hari semakin pesat.

Apabila kita masih berleha-leha, dapat dipastikan kita akan tergerus oleh dinamika perubahan yang terjadi. Di Indonesia, ada sebuah lembaga pendidikan yang telah menerapkan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pendekatan pembelajaran yang berbasis HOTS itu dikenal dengan nama Matematika Nalaria Realistik (MNR).

Sejak 2004, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang berkedudukan di Jalan Raya Laladon-Ciomas, Kabupaten Bogor konsisten mengembangkan HOTS para siswanya dengan pendekatan pembelajaran MNR. Yang lebih menarik lagi, KPM menerapkan sistem metode seikhlasnya (SMS) bagi para siswanya yang belajar di KPM.

Dalam rangka meneguhkan kiprah nya untuk mencerdaskan anak bangsa, KPM terus konsisten dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui beragam program pelatihan.

Berikut ini program-program pelatihan yang bisa diikuti oleh para aktivis pendidikan, mahasiswa/mahasiswi, guru, orang tua, bahkan kalangan umum, di antaranya:

1.Pelatihan Satu Hari Cara Berpikir Suprarasional

Terinspirasi dari buku Best Seller Cara Berpikir Suprarasional”, pelatihan ini sukses menginspirasi banyak orang dari berbagai kalangan, seperti TNI, POLRI, Kemendikbud, institusi pemerintah, dan lembaga swasta lainnya. Bahkan, motivator Suprarasional,  Raden Ridwan Hasan Saputra, sempat menyampaikan gagasan suprarasional di ajang pertemuan internasional.

Bagi sahabat yang ingin mendapatkan inspirasi kehidupan dari kajian cara berpikir suprarasional, silakan undang kami jauh-jauh hari (paling lambat satu bulan). Keunikan lain dari pelatihan ini adalah fee narasumber dibayar seikhlasnya. Tertarik? Silakan segera hubungi kami di nomor kontak 0812 8188 2562.

2. Seminar Kiat Sukses Olimpiade Matematika dengan Cara Berpikir Suprarasional

Masih bertajuk suprarasional, KPM menghadirkan seminar yang berbeda dari biasanya. Berbagai masalah tentang dunia olimpiade akan dikupas tuntas pada seminar ini, mulai dari tujuan, manfaat dan strategi menghantarkan anak didik menuju kompetisi matematika nasional dan internasional.  

photo
Matematika Nalaria Realistik (MNR)
 


3.Pelatihan Pembelajaran MNR 2 Hari

Program ini akan menawarkan alternatif belajar matematika yang bermakna melalui pendayagunaan nalar dalam memahami matematika dan menerapkannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Keunikan belajar di KPM, sejak dini telah membekali peserta didik dengan kemampuan bernalar sehingga siswa KPM lebih siap saat mengerjakan soal UNBK yang berbasis HOTS seperti saat ini.

4.Pelatihan Matematika Metode Kotak-Kotak

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa terlepas dari hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan berhitung atau membilang. Sementara, tidak semua orang suka dan pandai dalam melakukannya.Melalui metode kotak-kotak, perhitungan matematika menjadi lebih mudah dipahami.

5.Pelatihan Sains Nalaria Realistik 4 Hari 3 Malam

Bukan hanya matematika, KPM konsisten berkontribusi nyata dalam pengembangan HOTS di bidang sains. KPM mengemasnya lewat rogram pelatihan Sains Nalaria Realistik 4 hari 3 malam. Tentunya hal ini akan semakin menambah wawasan bagi para guru agar menguasai materi sains dengan pendekatan HOTS.

6.Pelatihan Matematika Nalaria Realistik 4 Hari 3 Malam

Program pelatihan ini akan merupakan program rutin bulanan KPM yang memasuki angkatan ke-12. Sejak awal kehadirannya, program ini telah memberikan inspirasi bagi ratusan guru yang ikut program ini. Para peserta dibekali pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk menjadi guru yang paripurna sebagai pengajar dan pendidik. Di akhir program, para alumni pelatihan didorong untuk membuka Rumah Pendidikan Matematika, Klub Matematika Seikhlasnya, atau Sekolah Center.

Jika Anda tertarik mengundang kami hadir di kota Anda, hadir dan langsung belajar di KPM, atau mempunyai pertanyaan tentang berbagai program pelatihan KPM, silakan menghubungi Humas KPM (Ibu Karlina - 081280341100) atau Tim Pelatihan (Bapak (Misbah - 081281882562).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA