Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Kota Tasikmalaya Targetkan Juara Umum MTQ Jabar

Sabtu 14 Apr 2018 00:25 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah

Panggung MTQ.

Panggung MTQ.

Foto: Dokumen
Para peserta memperoleh pembekalan dan pembinaan sebelum diberangkatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Perwakilan khafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Tasikmalaya siap mengikuti perlombaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat ke-35 yang digelar di Kabupaten Sukabumi 14-20 April 2018. Rombongan MTQ Kota Tasikmalaya berjumlah 129 orang terdiri dari peserta, pembina dan tim pembantu.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan para peserta yang diberangkatkan ialah perwakilan terpilih hasil seleksi di berbagai level. Ia menargetkan kontingen MTQ asal Kota Tasik mampu menjadi juara umum di Jabar.

"Mudah-mudahan peserta ini yang perwakilan dari Kota Tasik bisa berprestasi dengan baik. Harapannya tentu saja ingin jadi juara umum," katanya pada wartawan, belum lama ini.

Para peserta memperoleh pembekalan dan pembinaan sebelum diberangkatkan. Tujuannya supaya kontingen semakin siap menghadapi perlombaan.

"Melalui pembekalan ini mudah-mudahan menambah motivasi para peserta untuk bisa menunjukkan prestasi terbaik. Memang kami juga beberapa kali juara kedua. Ini kan prestasi ini harus dipertahankan tentunya. Mempertahankan itu harus dengan ikhtiar dan berlatih," ujarnya.

Keikutsertaan para peserta dalam perlombaan MTQ ini juga diharapkan menjadi penerus kaderisasi para penghafal Alquran di Kota Santri. Dengan begitu maka ciri khas Tasik sebagai kota yang kental dengan nuansa keislaman bisa terus hidup dan bertahan.

"Ada misi syiar Islamnya. Artinya melalui musabaqah ini diharapkan juga ayat-ayat suci Alquran ini terus mewarnai kehidupan masyarakat Kota Tasikmalaya yang mayoritas Islam. Tidak hanya dilantunkan melalui pengeras suara, tapi juga diresapi maknanya, dan dilaksanakan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA