Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Tips Ala Desainer Membuat Dapur Ideal

Selasa 10 Apr 2018 20:10 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Winda Destiana Putri

Dapur/ilustrasi

Dapur/ilustrasi

Foto: flickr
Salah satu faktor terpenting ketika datang ke dapur adalah perencanaan ruang.

REPUBLIKA.CO.ID, Dapur adalah salah satu tempat paling penting di rumah. Dapur merupakan area di mana keluarga berkumpul dan makanan disiapkan sehingga sangat penting membuat ruangan ini menjadi tempat yang indah.

Untuk memiliki dapur yang sempurna, pemimpin desain interior di Desain Bonito dan Shinijni, Mikita Laad Gupta, memberikan lima kiat yang dapat membantu merancang dapur ideal Anda.

Pertama, salah satu faktor terpenting ketika datang ke dapur adalah perencanaan ruang. Sebab, ruangan ini merupakan ruangan paling padat fungsi di rumah.

Seperti yang dikutip dari the Indian Express, Selasa (10/4), ingatlah segitiga kerja untuk fungsi utama dapur. Yaitu, kulkas, kompor, dan wastafel, serta jumlah orang yang akan menggunakan dapur pada waktu tertentu.

Aspek lain yang sering diabaikan orang adalah ruang kaki di bawah meja dapur. Jadi, pastikan ada cukup ruang yang disediakan saat Anda mendesain dapur sehingga seseorang dapat berdiri dengan nyaman di konter untuk jangka waktu yang lama.

Kedua, hal yang tak kalah penting adalah meja dapur. Granit dianggap sebagai salah satu bahan paling konvensional untuk meja dapur karena kekerasan dan daya tahannya. Namun, sekarang teknologi telah berubah. Jadi, jangan menahan diri mencoba beberapa materi baru.

Dado merupakan bagian ketiga yang penting di dapur. Dado yang indah dapat meningkatkan tampilan seluruh dapur karena terlihat mata. Bereksperimenlah dengan berbagai macam bahan yang tersedia. Contohnya, kaca berwarna cerah atau ubin keramik dengan banyak pola menarik.

Keempat, pencahayaan sering diabaikan di area dapur. Selain lampu di atas kepala, pastikan Anda menyediakan lampu di bagian atas lemari untuk fungsi khusus. Ventilasi yang tepat dan penempatan cerobong asap dapat digunakan menyediakan pencahayaan seragam di dapur.

Terakhir adalah peralatan dapur. Luangkan waktu untuk melakukan riset tentang berbagai macam peralatan yang tersedia.

Buatlah daftar peralatanyang dibutuhkan sebelum mendesain dapur. Pastikan Anda hanya memilih peralatan berdasarkan kebutuhan dan kegunaan khusus. Tempatkan peralatan berdasarkan frekuensi penggunaannya.

Noer Qomariah Kusumawardhani

http://indianexpress.com/article/lifestyle/life-style/designer-tips-for-the-ideal-kitchen-5127782/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA