Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

PSSI Jadi Tuan Rumah Kursus Pelatih AFC Pro 2018

Rabu 04 Apr 2018 17:02 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Direktur Teknik Tim Nasional Indonesia PSSI Danurwindo.

Direktur Teknik Tim Nasional Indonesia PSSI Danurwindo.

Foto: Republika/Prayogi
Peserta kursus AFC Pro tahun ini ada 24 peserta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pelatih tim-tim Liga 1 Indonesia ambil bagian dalam kursus kepelatihan AFC Pro 2018. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menjadikan PSSI sebagai tuan rumah kursus kepelatihan tertinggi klub-klub kasta utama di kawasan tersebut.

Seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (4/4), peserta kursus AFC Pro tahun ini ada 24 peserta. Empat pelatih di antaranya yaitu, para juru tak-tik lapangan dari negara-negara Asia dan Asia Tenggara. Ada juga pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee yang ambil bagian dalam kursus kepelatihan tersebut.

Sedangkan 20 nama lainnya merupakan para juru lapangan dari tim-tim kasta utama di Indonesia. Ada Aji Santoso, Joko Susilo, Rahmad Darmawan, Djadjang Nurdjaman, Widodo Cahyono Putro, dan Indra Sjafri. 

"Ini akan akan menjadi sejarah bagi Indonesia dan PSSI karena pertama kali menggelar kursus AFC Pro," begitu kata Direktur Teknik PSSI Danurwindo, Rabu (4/4). 

Kursus kepelatihan tersebut akan dimulai pada 14 April mendatang. Yogyakarta akan menjadi lokasi utama kursus tersebut. Danurwindo menerangkan, kursus AFC Pro ini merupakan cara para pelatih mendapatkan lisensi kepelatihan tertinggi di level Asia. 

Lisensi tersebut sebagai program jangka panjang dari AFC. Sebab pada 2020 mendatang, Federasi Asia itu membuat aturan yang mengharuskan para pelatih kesebelasan dari klub-klub kasta utama di masing-masing liga domestik harus mengantongi lisensi kepelatihan AFC Pro ini. 

Di Indonesia, Danurwindo menerangkan, belum ada satu pun pelatih yang mempunyai lisensi AFC Pro tersebut. Karena itu, menurut dia, menjadi kesempatan baik bagi para ahli strategi lapangan di dalam negeri ambil bagian dalam kursus kepelatihan kali ini.

Meskipun Danurwindo menegaskan, tak sembarang pelatih bisa mengikuti kursus kepelatihan AFC Pro ini. Sebab kata dia, para peserta diharuskan mempunyai modal lisensi AFC A sebagai syarat utama mengikuti AFC Pro. Selain itu, para peserta AFC Pro ini harus pelatih yang minimal empat tahun menangani tim profesional.

Kursus AFC Pro membagi materi dalam tujuh modul kepelatihan. Massa kursus diperkirakan rampung selama satu musim atau setahun. Adapun soal mentor, pada kursus kali ini akan menghadirkan tiga mentor. Selain Danurwindo, perwakilan dari PSSI juga ada Ganesha Putro. AFC akan mendatangkan instruktur AFC dari Kuwait.  

Berikut para pelatih dalam dan luar negeri yang ambil bagian dalam kursus kepelatihan AFC Pro 2018:

1. Djadjang Nurdjaman (PSMS Medan)

2. Bambang Nurdiansyah

3. Aji Santoso (Persela Lamongan)

4. Wolfgang Pikal

5. Rudy Eka Priyambada (PS TNI)

6. Joko Susilo (Arema FC)

7. Liestiadi  (Celebest FC)

8. Hanafing

9. Tony Ho (Persipura)

10. Emral Abus

11. Rachmad Darmawan (Sriwijaya FC)

12. Iwan Setiawan

13. Nil Maizar

14. Indra Sjafri

15. Widodo C Putro (Bali United)

16. Yeyen Tumena (Bhayangkara FC)

17. Mundari Karya

18. Yunan Helmi (Barito Putera)

19. Adam bin Abdulah (FAM Malaysia)

20. Ong Kim Swee (FAM Malaysia)

21. Elavaran (FAM Malaysia)

22. Fujiwara (JFA Japan)

23. Syafrianto Rusli (Semen Padang FC)

24. Seto Nurdiantara (PSS Sleman)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA