Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Rekor Jordan yang Dipecahkan Sang Raja

Ahad 01 Apr 2018 05:13 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Budi Raharjo

Lebron James

Lebron James

Foto: AP/Lynne Sladky
Ini bukan rekor pertama yang dipecahkan oleh James.

REPUBLIKA.CO.ID,Penonton di Quicken Loans Arena memberikan apresiasi dengan berdiri dan bertepuk tangan usai Lebron James melakukan dunk saat Cleveland Cavaliers menghadapi New Orleans Pelicans, Sabtu (31/3) WIB. Pada kuater pertama di pertandingan ini James sudah mencetak 11 poin.

Pemain berusia 33 tahun tersebut pun mencatatkan rekor dengan mencetak lebih dari sepuluh poin di 867 pertandingan secara beruntun. Rekor yang sebelumnya dipegang oleh pemain basket terbaik sepanjang masa Michael Jordan.

Penyanyi pemenang Grammy Justin Timberlake menjadi salah satu penonton yang berdiri dan bertepuk tangan memberikan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan LeBron pada pertandingan ini. Di akhir pertandingan James mencatatkan 27 poin, sembilan rebound dan 11 assist.

"Ini tidak seperti saya sudah tetapkan saya ingin menjadi nomor 1 dengan mencetak 10 poin lebih, mencetak dua digit secara beruntun atau apa pun itu, tapi kapan pun kategori stasistik akan naik dan saya mampu meraih sesuatu, maksud saya ini cukup luarbiasa," kata James, seusia pertandingan seperti dilansir dari ESPN, Sabtu (31/3).

Sudah 11 tahun terakhir kali James mencetak kurang dari 10 poin di satu pertandingan. Pada 5 Januari 2007 James hanya mampu mencetak delapan poin dipertandingan melawan menghadapi Milwaukee Bucks.

Saat ini tidak ada yang mampu mendekati rekor yang ditorehkan James. Diperkirakan 90 persen pemain NBA yang masih aktif bermain tidak ada yang mampu mendekati rekor James. Posisi kedua dipegang James Harden dengan 610 pertandingan berturut-turut. Artinya Harden masih terpaut 257 pertandingan dari James. Dibawah Harden ada LaMarcus Aldridge dengan 84 pertandingan.

Persentase James dapat mencetak 10 poin lebih di satu pertandingan mencapai 99,3 persen. Persentase tertinggi sepanjang sejarah NBA. Dibawahnya ada Kevin Durant dengan 98,8 persen.

"Saya pikir sudah 11 tahun saya bisa mencapai prestasi ini, saya sudah merawat tubuh saya, itu yang pertama, dan saya dikelilingi rekan setim yang hebat dan pelatih dan dua organisasi yang mengizinkan saya untuk menjadi diri saya sendiri, itu yang kedua dan saya hanya bermain menikmati pertandingan," tambah James.

Ini bukan rekor pertama yang dipecahkan oleh James. Pada 27 Desember 2017 James mengukir rekor pada sejarah NBA. Dia melewati legenda Boston Celtics, Larry Bird, pada daftar pengoleksi triple-double terbanyak. James membukukan triple-double ke-60 pada kariernya di NBA.

Pada tanggal 23 Febuari lalu James resmi menjadi pemain termuda dalam sejarah NBA yang mampu membuat 30 ribu poin. Dia berusia 33 tahun dan 24 hari. LeBron mematahkan rekor milik Kobe Bryant. Bryant membuat 30 ribu poin pada usia 34 tahun 104 hari.

Lebron bergabung dengan Kareem Abdul-Jabbar, Karl Malone, Bryant, Michael Jordan, Wilt Chamberlain and Dirk Nowitzki yang juga mampu membuat 30 ribu poin di NBA. Ia pemain ketujuh yang mampu mencetak lebih dari 30 ribu poin. Pada lalu 28 Februari 2018 James juga sukses meraih 8.000 assist dan menjadi pemain NBA pertama yang mencapai hal tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA