Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Lima Cara Menghemat Waktu di Dapur

Jumat 30 Mar 2018 00:25 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Dapur/ilustrasi

Dapur/ilustrasi

Foto: flickr
Luangkan waktu untuk persiapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghemat waktu memasak di dapur, tidak hanya ditentukan pada keterampilan memasak atau penguasaan dalam menyiapkan dan mengatur waktu memasak saja. Mempelajari cara-cara baru untuk menyederhanakan proses memasak dapat membantu mengurangi waktu yang dihabiskan selama di dapur.

Berikut lima hal yang bisa Anda pelajari seperti dikutip di laman Time, Kamis (29/3).

1. Beli, Cuci, Potong, Ulangi
Untuk menghemat proses memasak saat di dapur, setelah membeli bahan makanan, biasakan segera mencuci dan memotong bahan makanan tersebut. Hal ini dapat menghemat waktu karena hanya sekali dilakukan.

Christen Cupples Cooper, Asisten profesor dalam program nutrisi dan dietik di Collage of Health Professions di Pace University di New York mengatakan, “Meskipun mungkin terasa sangat menyebalkan untuk segera mencuci dan memotong produk setelah membelinya, dalam jangka panjang ini dapat menghemat waktu karena Anda hanya harus melalui proses ini sekali.”

2. Luangkan Waktu untuk Persiapan
Banyak yang menolak meluangkan waktu untuk sekadar melakukan persiapan sebelum memasak, lantaran sudah terlebih dulu membayangkan akan menghabiskan seluruh waktu di dapur, padahal mungkin sebenarnya waktu tersebut dapat digunakan untuk melakukan hal lain.

Menurut ahli diet dari Florida, Alyssa Cohen, untuk melakukan perencanaan tidak perlu mengorbankan waktu luang. Sebaliknya, gunakan waktu luang yang Anda miliki untuk menyiapkan makanan.

3. Bersihkan Sebelum Pergi
Membiasakan diri membersihkan dapur usai memasak dapat menghemat waktu di dapur, seperti halnya membersihkan piring dapat dilakukan setelah makan. Selain itu, membersihkan dapur ketika baru selesai memasak akan terasa mudah.

Mara Weber, ahli diet rawat inap klinis di Ohio State Univesity Wexner Medical Center mengatakan, “Kamu juga akan lebih mudah membersihkan barang-barang jika kekacauan masih baru.”

4. Kuasai Microwave
Hampir semua orang memiliki microwave, namun penggunaanya hanya dipakai untuk membuat sisa makanan atau memanaskan kopi. Padahal jika bisa memanfaatkan dan menguasai penggunaan microwave, hal ini dapat membuat banyak makanan sehat dalam waktu singkat.

“Microwave dapat menjadi teman terbaik Anda jika mencoba untuk membuat makanan sehat dan menghabiskan lebih sedikit waktu di dapur,” kata ahli diet di Boston, Sheri Kasper.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa penggunaan microwave dapat menghasilkan lebih sedikit cucian piring.

5.  Beli Ramuan dan Bumbu Jadi
Menikmati bumbu segar dan rempah-rempah segar dapat dilakukan tanpa perlu meluangkan waktu untuk memotong dan memarutnya sendiri.

Ahli Nutrisi kuliner di New York, Jessica Levinson mengatakan terdapat perusahaan yang menjual ramuan dan bumbu jadi seperti Gourmet Gardern yang menjual ketumbar, bawang putih, dan jahe yang sudah dicampur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA