Sabtu 24 Mar 2018 07:40 WIB

Gol Debut Lingard Antar Inggris Kalahkan Belanda

Inggris menang 1-0 pada laga uji coba di Belanda.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Gelandang timnas Inggris, Jesse Lingard (kedua kiri) dan rekan merayakan gol ke gawang Belanda pada laga persahabatan di Amsterdam Arena, Sabtu (24/3) dini hari WIB. Inggris menang 1-0.
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Gelandang timnas Inggris, Jesse Lingard (kedua kiri) dan rekan merayakan gol ke gawang Belanda pada laga persahabatan di Amsterdam Arena, Sabtu (24/3) dini hari WIB. Inggris menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Gol Jesse Lingard jadi satu-satunya gol yang tercipta saat Inggris menghadapi Belanda di Stadion Amsterdam Arena dalam laga persahabatan, Sabtu (24/3) dini hari WIB. Gol pada menit ke-59 ini pun begitu istimewa bagi Lingard. Pasalnya, ini merupakan gol perdananya untuk timnas Inggris.

Pemain berusia 25 tahun itu berhasil memanfaatkan bola liar di depan gawang Belanda. Lingard pun melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tanpa bisa dihalau oleh kiper Belanda, Jeroen Zoet. Gol ini akhirnya menjadi pembeda kualitas antara Inggris dan Belanda di laga persahabatan tersebut.

Dalam laga tersebut, tim The Three Lions memang tampil lebih dominan. Para penggawa Inggris terus menebarkan ancaman di depan gawang Belanda. Tercatat, para pemain Inggris melepaskan 13 tendangan ke gawang Belanda, dengan enam tendangan mengarah ke arah gawang. Sementara tim tuan rumah hanya bisa melepaskan 11 tendangan.

Sebenarnya, Inggris sempat mengalami kendala pada awal-awal laga. Adalah Joseph Gomez, yang harus digantikan lantaran mengalami cedera. Posisinya pun digantikan Harry Maguire. Inggris akhirnya mendapatkan peluang pertama pada menit ke-17. Lingard sempat melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi bola hasil tendangannya masih melebar.

Sementara, Belanda sempat mengancam gawang Inggris, kala Matthijs de Ligt berhasil melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola hasil tendangan Matthijs masih bisa dihalau oleh Jordan Pickford, yang dipilih Southgate untuk menjadi penjaga gawang Inggris di laga ini. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Akhirnya, kebuntuan pecah saat laga memasuki babak ke-59. Gol Lingard mengantarkan Inggris meraih kemenangan atas Belanda. Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama Inggris atas Belanda sejak gelaran Piala Eropa 1996 silam.

Susunan Pemain:

Belanda (3-4-3)

Pelatih: Ronald Koeman

Kiper: J. Zoet

Belakang: M. de Ligt, S. de Vrij, V. van Dijk

Tengah: H. Hateboer, G. Wijnaldum, K. Strootman, P. van Aanholt

Depan: Q. Promes, B. Dost, M. Depay

Inggris

Pelatih: Gareth Southgate

Kiper: J. Pickford

Belakang: K. Walker, J. Stones, J. Gomez

Tengah: J. Henderson; K. Trippier, A. Oxlade-Chamberlain, J. Lingard, D. Rose

Depan: M. Rashford, R. Sterling

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement