Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Cegah Leptospirosis dengan Pola Hidup Sehat

Jumat 23 Mar 2018 22:22 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Leptospirosis

Leptospirosis

Foto: wikipedia.org
Salah satunya mencuci tangan dengan sabun.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau masyarakat untuk terus mewaspadai serangan penyakit leptospirosis. Di antara cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit itu adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Penceghahan penyakit termasuk leptospirosis dilakukan dengan pola hidup sehat dan bersih, salah satunya mencuci tangan dengan sabun," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Kidul Priyanta Madya Satmaka di Gunung Kidul, Jumat (23/3). 

Ia mengatakan salah satu pekerjaan yang rentan dengan penyakit ini adalah para petani. Untuk itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas pertanian dan pangan.

Priyanta mengatakan hingga saat ini ada 10 kasus di Gunung Kidul, satu di antaranya meninggal dunia. Ada pun kasus leptospirosis terjadi di Kecamatan Wonosari, Playen, Gedangsari, Ponjong, dan Semin Angka ini jauh dibanding kasus yang sama tahun lalu. "Sembilan pasien lainnya dinyatakan sembuh," katanya.

Ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir terkait kasus ini, termasuk ketersediaan leptotek untuk rappid tes leptospirosis, yang akan diberikan ke puskesmas atau rumah sakit yang melaporkan adanya dugaan kasus lepstopirosis.

"Kami mengharap partisipasi masyarakat berperan aktif mencegah penyakit laptospirosis dan segera melapor kalau ada kejadian," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA