Sabtu 24 Mar 2018 06:05 WIB

Asian Games 2002, Persaingan Korsel dan Cina Berlanjut

Ini kali pertama seluruh anggota Olympic Council of Asia (OCA) ikut serta.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Asian Games 2002 Busan, Korea Selatan.
Foto: wikipedia
Asian Games 2002 Busan, Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BUSAN -- Asian Games 2002 merupakan Asian Games yang ke-14 dan diselenggarakan di Busan, Korea Selatan (Korsel) dari 25 September hingga 14 Oktober. Sekitar 7.000 atlet berlaga, datang dari 44 negara, dengan 38 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Busan adalah kota kedua di Korsel, setelah Seoul pada 1986 yang menjadi tuan rumah Asian Games. Ajang olahraga multievent yang menyediakan 1.350 keping medali emas itu dibuka Kim Dae-jung di Stadion Aryamehr. Adapun cabor binaraga untuk pertama kali dimainkan di pesta olahraga empat tahunan ini.

Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Asian Games di mana 44 anggota Olympic Council of Asia (OCA) atau seluruh anggota ikut serta, termasuk Korea Utara dan Afghanistan, yang ikut bergabung pertama kalinya sejak Taliban berkuasa 10 tahun sebelumnya.

Pada Asian Games kali ini, Indonesia finis di urutan ke-14 dengan mengumpulkan total 23 medali, 4 medali emas, 7 medali perak, dan 12 medali perunggu. Keempat medali emas yang dipersembahkan Indonesia berasal dari cabor bulu tangkis, tenis, karate, dan layar.

Pencapaian tersebut menurun jika dibandingkan dengan Asian Games 1998 Bangkok. Pada Asian Games ke-13 tersebut, Sang Garuda Merah-Putih bercokol di urutan ke-11 dengan total 27 medali.

Tuan rumah Korsel harus puas mengakhiri turnamen di urutan kedua di bawah Cina dengan perolehan medali sebanyak 260. Persaingan Cina dengan Korsel berlanjut sejak Asian Games ke-10 yang digelar di Seoul pada 1986.

Lambang Asian Games ke-14 ini bergambar motif gelombang laut biru dalam bentuk Taegeuk, melambangkan Busan dan Korea. Hal ini mengekspresikan citra pembangunan dan persatuan rakyat Asia dan dua kekuatan dinamis yang terjalin erat. Bentuk gelombang di lambang ini menunjukan karakter Busan.

Di sisi lain, Korea Utara menjadi negara debutan di Asian Games yang terbilang moncer dengan meraih 33 medali, yakni 9 emas, 11 perak, dan 13 perunggu. Sementara, Afghanistan harus puas mengakhiri turnamen di tempat ke-36 dan hanya membawa pulang satu medali perunggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement