Wakil Ketua Komisi IV Minta DAS Dikelola dengan Baik

Jika tata kelola DAS diatur baik maka akan baik bagi pemanfaatan pangan nasional.

Sabtu , 24 Mar 2018, 04:02 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena.
Foto: DPR RI
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena menyampaikan bahwa kelestarian sumber daya alam, serta pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang komprehensif dan terintegrasi dari hulu sampai hilir harus dikelola dengan baik. Hal ini disampaikannya saat rapat dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Lingkungan Hidup di Gedung DPR RI, Senayan, Rabu (21/3) lalu.

“Untuk hulu dikelola dan dikuasai oleh  Kementerian Kehutanan, sementara ditengahnya oleh Kementerian PUPR, sementara hilirnya dikelola oleh Kementerian Pertanian. Makanya hari ini kita rapat dengan ketiga kementerian tersebut agar masing-masing sektornya dapat dikelola dengan baik,” ujar politikus Partai Demokrat itu seperti dalam siaran persnya.

Menurut Michael, jika tata kelolanya tidak diatur dengan baik, maka pemanfaatan bagi pangan nasional tidak akan mencapai target yang telah ditetapkan. Maka menurutnya, wajib hukumnya mempertemukan hulu, tengah, dan hilir untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan dengan baik.

"Sehingga ketika fungsi ini dapat bergerak secara optimal dan tidak ada ego sektoral, semuanya bisa terkoordinasi dan terintegrasi dengan baik,” papar politikus dapil Papua Barat ini.